Kendaraan

10 Cara Ringan Usir Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan serius, relasi dengan orang-orang terdekat, bahkan kualitas hidup Anda. Karena itu, jangan tunggu hingga stres “merusak” hidup Anda. Jika Anda merasa tingkat stres sudah mulai menanjak naik, coba redakan dengan langkah-langkah sederhana berikut ini.

Mendengarkan musik

Memutar musik yang berirama tenang akan mendatangkan efek positif pada tubuh dan otak. Selain itu hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi hormon kortisol, hormon yang disebut sebagai pemicu stres.

Mendengarkan musik klasik merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan. Namun, bila Anda bukan penggemar musik klasik, mendengarkan bebunyian yang menenangkan lainnya seperti suara debur ombak memecah di pantai juga punya efek yang serupa.

Menelepon sahabat

Kala semuanya terasa berat, tekan nomor telepon sahabat Anda dan bicaralah dari hati ke hati. Hubungan yang baik dengan orang-orang terdekat merupakan hal penting untuk menyokong kesehatan kita; baik hati, jiwa dan raga. Mendengarkan suara yang hangat dan meyakinkan dari orang yang kita percaya, meskipun hanya semenit, akan membuat kita kembali bersemangat.

Berbicara dengan diri sendiri

Ketika menelepon sahabat bukanlah satu pilihan, barangkali hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berbicara dengan diri sendiri. Tak usah cemas akan dianggap “gila” oleh orang lain. Dengan tenang, coba katakan mengapa Anda merasa stres, apa yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan tugas yang sedang Anda hadapi dan yang terpenting, katakan pada diri Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Mengonsumsi makanan sehat

Tingkat stres dan pola makan kita sangat berhubungan erat. Di saat pekerjaan sedang menumpuk, biasanya kita memilih makan makanan berkadar gula tinggi atau berlemak sebagai “hadiah” bagi diri sendiri. Coba hindari mengudap makanan cepat saji dan pilih buah-buahan serta sayuran segar sebagai penggantinya. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti tuna dan salmon juga bermanfaat menurunkan kadar stres.

Tertawakan saja

Bila kita tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin dan menurunkan kadar hormon kortisol serta adrenalin yang memicu stres. Bila penat dengan tekanan pekerjaan, ambil jeda sejenak di kantor untuk menonton tayangan stand-up comedy di Youtube atau melihat situs humor 9Gag, misalnya. Setelah Anda tertawa pasti beban akan terasa lebih ringan.

Minum segelas teh

Segelas teh memiliki kurang dari setengah jumlah kafein dalam segelas kopi dan mengandung banyak antioksidan. Teh juga mengandung theanine, sejenis asam amino yang berefek menenangkan dan melegakan sistem saraf.

Berolahraga (meskipun hanya semenit)

Berjalan kaki sebentar memutar ruangan kantor atau hanya berdiri dan melakukan peregangan di depan kubikel Anda dapat memberikan kelegaan di tengah situasi yang membuat stres. Melakukan aktivitas yang melancarkan peredaran darah seperti berolahraga akan melepaskan hormon endorfin dan memulihkan mood kita seketika.

Tidur yang cukup

Stres membuat kita tak bisa tidur nyenyak. Malangnya, kurang tidur pun merupakan salah satu penyebab stres. Lingkaran setan ini menyebabkan tubuh serta otak menderita dan semakin memburuk seiring waktu. Berusahalah tidur 7—8 jam sehari seperti yang direkomendasikan para dokter untuk meredakan stres.

Bernapas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya perlahan-lahan berulang kali adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tingkat stres. Ketika kita melakukannya, otak memperoleh pesan untuk menjadi rileks dan tenang. Pesan ini kemudian diteruskan otak pada tubuh kita. Pada saat kita mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah akan naik, tarikan napas pun menjadi lebih cepat. Dengan menarik napas dalam-dalam, denyut jantung serta tekanan darah akan menurun.

Memiliki perlindungan kesehatan pribadi dan keluarga

Musibah yang datang akibat penyakit tak akan pernah bisa kita duga kapan datangnya. Oleh sebab itu, memiliki perlindungan kesehatan pribadi dan keluarga akan memberikan ketenangan hati pada diri kita. Produk asuransi kesehatan dari AXA Mandiri bisa membantu kita meredakan stres akibat ketidakpastian risiko kesehatan dan memberikan perlindungan menyeluruh bagi pribadi dan keluarga.
Jadi, saat stres datang melanda, ingatlah untuk melakukan salah satu dari hal di atas. Sebab terkadang, stres memang tidak bisa kita hindari, melainkan harus dihadapi.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa