Lifestyle

10 Olahraga Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Indonesia

Indonesia adalah surga aktivitas menantang adrenalin. Hal ini disebabkan karena kondisi alam Indonesia yang sangat beragam. Laut, gunung, tebing terjal, ombak tinggi, hingga sungai yang curam, membuat Indonesia menjadi negara tujuan bagi pencari sensasi. Tinggal pilih, mana yang paling mengusik rasa keingintahuan Anda.

1. Menyelam
Pepatah mengatakan, tinggal di Indonesia tanpa pernah menyelam itu bagaikan tikus mati di lumbung padi. Perairan Indonesia menyimpan keragaman satwa laut nomor satu di dunia (di Raja Ampat) dan nomor dua di dunia (di Derawan, Kalimantan Timur). Belum lagi banyaknya tempat yang bisa diselami sangat beragam, sesuai dengan kemampuan dan minat menyelam.

Sebelum menyelam, pastikan Anda sudah bersertifikasi. Jika belum, sertifikasi penyelaman tersebut dapat dibuat di tempat kursus penyelaman, baik di Jakarta atau di daerah tujuan wisata yang menyajikan atraksi menyelam seperti Bali, Lombok, Manado, dan lain-lain.

2. Panjat tebing
Mulai dari tebing buatan hingga tebing batu di pinggir Pantai Selatan, para penggemar panjat tebing harus punya fisik yang kuat. Keterampilan tinggi juga diperlukan terutama untuk memanjat tebing di alam, karena kesalahan kecil pun bisa berakibat fatal bagi pemanjat.

3. Naik gunung
Mendaki gunung adalah menantang alam. Jangan meremehkan gunung karena meskipun nampak cantik dan aman, cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Tentu saja para pendaki gunung sejati sudah membawa perlengkapan dan persiapan yang cukup. Mental yang kuat juga sangat penting demi dapat mencapai puncak.

4. Selancar
Indonesia yang dipenuhi pantai cantik adalah surga bagi para peselancar. Bali dan Lombok adalah tempat untuk selancar terutama bagi para pemula karena begitu banyaknya sekolah selancar dan pantai yang aman.

Olahraga ini mungkin nampak tak berbahaya, tapi sebenarnya menyimpan risiko besar. Apalagi jika dilakukan di pantai yang memiliki ombak besar, seperti di Mentawai.

5. Arung jeram
Meluncur di sungai dengan arus deras yang penuh batu, tentu saja olahraga ini termasuk ekstrim. Arung jeram untuk pemula biasanya dilakukan di sungai yang arusnya lebih tenang, sedangkan mereka yang sudah ahli dan menekuni hobi ini akan selalu menginginkan tantangan yang lebih. Dan alam Indonesia, menawarkan banyak pilihan sungai dengan ragam tingkat kesulitan.

6. Sepeda gunung

11807289_l

Sepeda gunung mungkin salah satu olahraga ekstrim yang paling populer di dunia. Jalanan yang terjal dengan tantangan yang berbeda-beda, membuatnya menantang bagi para penggowes. Mereka harus benar-benar bernyali, dan tentu saja memakai pelindung untuk mengurangi risiko cedera.

7. Terjun payung
Menjatuhkan diri secara bebas dari atas pesawat bukan hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya mereka yang benar-benar suka tantangan, memiliki nyali untuk melakukannya. Perlu pelatihan serius untuk dapat terbang sendiri tanpa tandem. Di Indonesia, pelatihan bisa dilakukan oleh TNI Angkatan Udara.

8. Parkour
Parkour butuh kelincahan dalam bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Jika tidak hati-hati, cedera bisa jadi risikonya. Semakin ahli seseorang dalam parkour, makin besar pula risikonya. Ada beberapa komunitas parkour di Indonesia yang rajin berlatih untuk meningkatkan keterampilan. Berlatihlah bersama komunitas jika Anda tertarik menggeluti olahraga ini.

9. Tinju, muaythai dan olahraga bela diri lainnya
Selain dapat melatih kebugaran tubuh dan membakar banyak kalori, olahraga ini identik dengan kekerasan dan ketahanan diri. Lengkapi diri dengan perangkat pelindung tubuh untuk dapat berlatih dengan aman. Seperti halnya beladiri lain, inti olahraga ini adalah mengenali diri sendiri dan mengukur batas kemampuan agar tidak mengalami cedera serius.

10. Bungee jumping
Bungee jumping di tempat yang terkontrol mungkin tidak memiliki risiko besar asal peralatannya terjaga dan terpelihara dengan baik. Beberapa orang menambahkan adrenalin dalam olahraga ini dengan melompat di tempat-tempat tak lazim, misalnya di jembatan atau tebing tinggi.

Semua aktivitas ini berisiko, tapi Anda bisa meminimalkan risikonya dengan selalu menerapkan prinsip-prinsip keamanan selama melakukannya. Jaga keselamatan!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa