Investasi

4 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Baik

Perencanaan keuangan memang percuma kalau Anda tidak disiplin. Tapi tenang, tidak ada kata terlambat bahkan untuk mengatur keuangan keluarga agar lebih baik.

Karena sekarang sudah memasuki tahun 2016, ini saatnya Anda disiplin dalam hal keuangan.

4-Cara-Cerdas-Mengatur-Keuangan-Pribadi-Dengan-Baik-image-2

Mulai lakukan Financial Check Up untuk melihat seberapa “sehat” kah kondisi keuangan Anda untuk menetapkan rencana keuangan di masa yang akan datang. tweet

  1. Pertama, Pahami Kondisi Keuangan Anda
    Jika didapati bahwa pengeluaran lebih besar dari penghasilan, berarti harus dilakukan penyesuaian terhadap pos pengeluaran tertentu. Pos pengeluaran tidak rutin seperti shopping, entertaining, dining, lifestyle dan hal-hal lain yang sifatnya lebih berupa “keinginan” daripada “kebutuhan” seringkali tanpa disadari mengambil porsi yang cukup besar dari total pengeluaran. Mulai penggunaan kartu kredit atau membuat hutang baru yang bersifat konsumtif. Alokasikan kebutuhan yang lain seperti asuransi, dana darurat dan investasi.
  2. Hitung Kebutuhan untuk Berasuransi
    Risiko utama dalam hidup adalah adanya ketidakpastian. Untuk itu asuransi diperlukan untuk mengurangi tingkat risiko, sehingga kehidupan tetap berjalan baik. Jenis- jenis asuransi secara umum adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi kerugian. Kebutuhan asuransi harus menjadi bagian dalam rencana anggaran keuangan pribadi atau keluarga yang dihitung secara seksama dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti usia, jumlah anak, usia anak, kondisi kesehatan, dan lain-lain.
  3. Pastikan Anda Sudah Menyiapkan Dana Darurat
    Dana darurat adalah wajib ada dalam rencana anggaran keuangan pribadi. Kegunaannya untuk mengantisipasi kebutuhan dana karena kejadian tak terduga. Karena penggunaannya bisa saja mendadak, maka dana darurat sebaiknya dipisahkan dari rekening/ATM pribadi Anda yang sering digunakan.
  4. Ayo, Mulai Berinvestasi!
    Mulailah pikirkan bagaimana kehidupan Anda bersama keluarga di masa depan atau dalam jangka panjang. Ada banyak cara untuk berinvestasi, yaitu dalam bermain saham, membeli emas, dan membeli properti. Carilah produk investasi yang sesuai dengan kondisi kantong Anda, tetapi juga pastikan investasimu menguntungkan.

Untuk Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk investasi, silahkan klik di sini untuk mendapatkan informasi produk investasi dari AXA.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa