Umum

4 Tips Memelihara Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Rumah yang aman adalah rumah yang senantiasa terpelihara. Inilah sebabnya kita wajib memeriksa secara teratur pipa, jendela, kompor gas, dan alat listrik di rumah kita supaya keluarga terlindung dari potensi bahaya. Berikut ini tips dari kami dalam pemeliharaan rumah (agar Anda terhindar dari biaya perbaikan di kemudian hari):

  1. Periksa kebocoran air
    Kebocoran air kerap kali disebabkan oleh sambungan yang tidak rapat, pipa berkarat atau pemasangan kran yang tidak benar, Pantaulah meteran air Anda guna memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak. Jika meteran air tetap berputar padahal Anda sudah menutup rapat semua kran, maka besar kemungkinan Anda mengalami kebocoran air. Jangan panik. Tutuplah sumber air utama dan panggillah tukang terpercaya untuk mencari tahu dan memperbaiki kebocoran
  2. Jangan abaikan jendela
    Banyak orang mengabaikan pentingnya memeriksa keamanan jendela rumah atau apartemen secara teratur. Ketika lama tidak digunakan, ada kemungkinan jendela terlepas. Potensi bahaya yang luar biasa, tidak hanya bagi keluarga Anda tapi juga bagi pejalan kaki. Ingatlah selalu untuk membersihkan engsel jendela dengan air guna menyingkirkan segala pasir, debu, atau kotoran. Berikan pelumas pada engsel agar jendela dapat terbuka dan tertutup dengan mudah.
  3. Perhatikan kompor gas
    Kapan Anda terakhir membersihkan kompor gas di rumah, masih ingat? Ketika Anda akan memasak, ingatlah tips keselamatan gas berikut ini. Periksalah apakah kompor, regulator, dan selang sudah berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia). Anda harus teratur membersihkan tungku agar tidak ada lubang pembakar yang tertutup (hati-hati, mungkin Anda perlu menggunakan benda tajam untuk ini).Yang namanya selang kompor gas juga punya masa kedaluwarsa, jadi jangan lupa periksa kondisi selang kompor Anda di rumah. Bila perlu, Anda bisa memanggil tukang kompor gas ke rumah untuk pemeriksaan lebih detail. Lakukan ini setiap 18 bulan karena pemeriksaan teratur membuat Anda dan keluarga dapat memasak dengan tenang.
  4. Hati-hati dengan alat listrik
    Ketika digunakan dengan tidak semestinya, alat listrik dapat menyebabkan penggunanya tersetrum dan kehilangan nyawa! Maka itu, penting sekali untuk memeriksa apakah steker (“colokan”) dan stop kontak di rumah sudah sesuai standar keamanan. Jangan pernah korbankan keselamatan dengan membeli stop kontak yang tidak sesuai standar.Ingatlah bahwa sirkuit listrik bisa kelebihan beban dan memicu percikan api ketika kita menggunakan lebih dari satu adaptor dan satu perpanjangan kabel ke dalam sebuah stop kontak. Hindari pula meletakkan perpanjangan kabel di area yang basah atau lembap seperti kamar mandi atau dapur, karena berpotensi menyetrum.

Selain dari tips di atas, lindungi rumah Anda beserta isinya dengan asuransi properti yang memberi banyak keuntungan. Lihat lebih lanjut di sini.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa