Lifestyle

5 Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

side-plank

 

Salah satu tantangan bagi yang ingin menurunkan berat badan adalah mengurangi lemak berlebih di tubuh, terutama lemak di bagian perut.  Selain menjaga pola makan sehat, kamu juga dapat melakukan lima gerakan olahraga untuk mengecilkan perut berikut ini.

GERAKAN OLAHRAGA UNTUK MENGECILKAN PERUT

SIDE PLANK

Gerakan ini berfungsi melatih otot perut serta otot belakang bagian bawah. Pertama berbaringlah dengan posisi miring, lengan dan kaki kanan sebagai tumpuan. Angkat lengan kiri hingga sejajar dengan bahu. Kemudian putar tubuh ke lantai sambil bawa lengan kiri ke bawah tubuh. Ulangi gerakan ini selama 20 detik dalam 3 – 4 set.  Jangan lupa lakukan pada sisi lain juga, ya.

SIT UP

Mungkin ini adalah gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang paling dikenal. Awali dengan posisi membaringkan tubuh dan tekuk bagian lutut.  Kemudian angkat tubuh ke arah depan hingga menyentuh paha yang ditekuk. Jika dirasa terlalu berat, mulai pelan-pelan dulu dengan 20 kali sit up dalam 1 set.

BICYCLE CRUNCHES

Gerakan olahraga ini cukup mudah karena menirukan gaya mengayuh sepeda. Baringkan tubuh dengan posisi telentang, tekuk kedua lutut dan letakkan kedua tangan di belakang kepala.  Perlahan angkat bagian atas tubuh dan lutut dengan siku kanan menyentuh lutut kiri dan sebaliknya secara bergantian.  Ulangi gerakan dalam 2 – 3 set.

BURPEES

Mau gerakan olahraga yang sangat efektif untuk mengecilkan perut? Lakukan burpees! Posisi awal berdiri dengan jarak antar kaki selebar bahu. Lalu jongkok sambil posisikan telapak tangan ke depan, tepat di bawah bahu. Kemudian dorong kedua kaki ke belakang hingga kamu dalam gerakan push up.  Balik ke posisi berdiri dengan gerakan lompat sambil mengangat tangan ke atas. Ulangi gerakan ini sebanyak 6 – 10 set.

TOE REACHES

Merasa empat gerakan di atas terlalu berat? Coba Toe Reaches yang lebih ringan. Pertama berbaringlah di atas matras. Angkat kaki hingga 90 derajat dengan menarik otot perut bagian bawah. Arahkan tangan ke arah jari-jari kaki seperti gerakan high five/tos, kemudian berhenti sebentar selama 1 – 2 detik. Turunkan kaki perlahan dan ulangi sebanyak 1 – 3 set.

Itulah 5 gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut. Tentunya akan berhasil jika dibarengi dengan kedisiplinan dan pola hidup yang sehat.
Jangan lupa menyiapkan asuransi kesehatan supaya kamu bisa lebih tenang ketika menghadapi risiko dari penyakit yang datang. Selamat mencoba!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa