Kesehatan

5 Manfaat Madu bagi Kesehatan

Siapa yang tidak tahu madu? Cairan berwarna emas ini selain dapat digunakan untuk berbagai makanan dan minuman, juga dipercaya sejak dulu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan B1, B3, asam panthothenic, dan vitamin C di dalamnya juga baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 5 manfaat madu bagi kesehatan:

1. Madu bagi kesehatan kulit
Selain berguna bagi kesehatan tubuh, madu juga berguna bagi kecantikan. Madu seringkali digunakan untuk masker wajah. Dalam 100 gram madu terdapat 0,5 mg vitamin C yang baik untuk mengurangi keriput di wajah dan menunda tanda-tanda penuaan lain seperti timbulnya vlek cokelat dan berkurangnya keelastisan kulit.

2. Madu sebagai peningkat energi
Apakah Anda sering mengalami kelelahan? Madu sangat baik dikonsumsi karena mengandung karbohidrat alami untuk menambah energi secara cepat. Selain itu, madu juga mengandung zat besi, kalium, dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot tubuh Anda.

3. Menurunkan mencegah efek kolesterol jahat

Madu mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan memang tidak dapat menurunkan kadar kolesterol secara langsung. Namun, antioksidan dapat membatasi dampak buruk yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol di dalam darah. LDL atau kolesterol jahat ‘membawa’ kolesterol melalui sistem peredaran darah ke dalam sel tubuh Anda. Saat LDL membawa kolesterol ke dalam sel pembuluh darah, terkadang LDL terperangkap di dalam dinding arteri. Bila kemudian LDL terpapar radikal bebas, akan terjadi sebuah proses yang menyebabkan pembentukan plak di dalam pembuluh darah. Antioksidan dapat mencegah pembentukan plak dengan mencegah LDL teroksidasi.

4. Obat flu dan batuk alami
Apabila Anda mengalami pilek dan batuk, madu dapat meringankan gejala-gejala yang Anda alami. Madu dapat meredakan gejala flu, pilek, dan sakit tenggorokan karena madu memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, dan antimikrobial yang dapat melawan virus, bakteri, dan jamur yang menjadi penyebab flu. Madu yang dikonsumsi dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan secara alami mengurangi iritasi. Selain itu, madu juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya dapat mengurangi keparahan gejala flu.

5. Dapat mengobati luka bakar
Selain berguna bagi kecantikan kulit, madu dipercaya dapat mengobati luka bakar. Luka gores dan luka potong juga dapat disembuhkan dengan mengoleskan madu pada kulit yang luka. Madu juga dapat digunakan sebagai antibiotik dan antibakteri yang mencegah terjadinya infeksi pada kulit.
Tak ada salahnya selalu sediakan madu di rumah. Apalagi, selain bermanfaat, madu juga lezat untuk ditambahkan ke dalam minuman atau makanan Anda. Lebih lengkap lagi, untuk kepentingan kesehatan keluarga Anda yuk lindungi dengan Mandiri Jaminan Kesehatan!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa