Asuransi Lifestyle

5 Tips Jitu Berkemas Saat Travelling Bersama Bayi

Punya bayi bukan berarti menghalangi perjalanan Anda. Meskipun perjalanan akan jadi lebih merepotkan, tapi teknik berkemas yang baik akan membantu Anda menghadapinya. Ada lima tips berkemas yang bisa Anda ikuti saat travelling dengan bayi atau balita.

1. Pisahkan barang-barang Anda dan bayi

Mencampur kedua barang menjadi satu akan membuat Anda cenderung membawa banyak barang. Tas khusus kebutuhan bayi sebaiknya tidak dimasukkan ke bagasi, cukup ditenteng saja atau dimasukkan ke koper kabin. Ini akan memudahkan jika tiba-tiba anak membutuhkan suatu barang, misalnya jika anak tiba-tiba harus berganti baju.

2. Buat daftar kebutuhan

Buat daftar barang yang perlu dibawa. Ingat, yang perlu berarti benar-benar perlu, bukan barang yang “barangkali perlu”. Kalau Anda akan menginap di hotel, artinya tak perlu membawa handuk untuk orang tua, misalnya. Kalau akan menginap di rumah orang lain, bawa keperluan sendiri agar tidak merepotkan tuan rumah, atau jika ternyata tuan rumah tak punya handuk cadangan.

3. Kemasan kecil

Bawa barang seperlunya, dalam porsi yang seperlunya pula. Tak perlu membawa sampo kemasan 200ml untuk perjalanan tiga hari, misalnya. Beli toiletries dalam kemasan kecil, atau jika tidak ada, beli wadah-wadah kecil di toko aksesoris untuk mengemas aneka macam kebutuhan tersebut. Siapkan kantong alat mandi khusus untuk bepergian yang cukup diisi ulang kalau habis, dan sudah siap kapan pun mau pergi.

4. Siapkan barang spesifik yang sulit dicari

Terkait nomor 3, sementara kita bisa membeli sabun atau sampo di mana pun, kebutuhan bayi lebih sulit dicari apalagi jika Anda bepergian ke kota kecil. Jika si kecil memiliki barang khusus yang dia perlukan, pastikan Anda sudah memasukkannya dalam daftar kebutuhan. Jangan lupa pula membawa mainan kesayangan atau buku untuk mengisi waktu di perjalanan.

5. Teknik mengemas

Kemas barang sepadat mungkin, dan tak menyisakan ruang. Barang yang ditata rapi akan menempati lebih sedikit ruang dibanding barang yang dijejalkan begitu saja. Beberapa orang suka menggunakan packing cube untuk memisahkan barang sesuai kebutuhan. Ada juga yang suka menggulung baju, bukannya melipatnya. Apa pun gaya Anda, tidak masalah asal rapi.

Nah, semoga perjalanan Anda bersama si kecil menyenangkan. Namun, perlu juga pikirkan untuk melengkapi setiap perjalanan dengan asuransi perjalanan agar Anda dan keluarga tetap terlindungi. Selamat ber-travelling!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa