Lifestyle

6 Cara Tak Terduga ini Bisa Bantu Selamatkan Bumi

Bagaimana cara supaya kita bisa lebih ramah lingkungan, dengan gaya hidup yang sekarang? Yuk lihat dampak kegiatan kita terhadap planet bumi, dan apa yang bisa dilakukan untuk hidup lebih baik sembari menjaga lingkungan. Ingatlah, hasilnya memang tidak bisa langsung terlihat, tetapi sebenarnya setiap tindakan kecil itu berpengaruh kok.

Waktu yang Anda habiskan untuk membaca sampai di sini, 128 ton kertas telah diproduksi, dan 93 persennya berasal dari pepohonan.
Pilihlah tiket elektronik dan gunakan online banking supaya Anda bisa mencegah terbuangnya kertas secara percuma. Beberapa perusahaan bahkan ada yang menawarkan diskon jika konsumen memilih tagihan elektronik.

Dengan menutup kran saat menggosok gigi, Anda menghemat 12 liter air per tahun.
Selamatkan bumi dan sekaligus berhemat! Jika Anda menutup kran saat bercukur, Anda malah bisa berhemat lagi 18 liter air per tahun. Kalau semua orang melakukan ini, ada 10 ribu liter air yang bisa dihemat. Mengurangi waktu mencuci piring juga dapat menghemat 8 liter air per menit.

12762545_L

Di rumah, Anda bisa menghemat 40 persen tagihan listrik per tahun jika mencuci baju dengan air 30°C.
Apakah Anda benar-benar perlu mencuci baju dengan air panas? Rekomendasi Energy Saving Trust menyebutkan bahwa idealnya Anda mencuci dengan air dingin dan menjemur pakaian bila memungkinkan.

Sekitar 98% rumah tangga di Singapura berhemat dengan menggunakan kipas angin, bukan AC.
Menurut Energy Efficient Singapore, menggunakan kipas angin membantu orang berhemat $460 setahun. Jika Anda harus menyalakan AC, ingatlah bahwa makin rendah temperatur yang Anda inginkan, makin banyak energi terpakai.

Pada tahun 2025, manusia akan menghasilkan 6 ton sampah setiap hari.
Menurut riset Bank Dunia. Untuk mengurangi produksi sampah, kita perlu berpikir kreatif sedikit. Bisakah kita menggunakan barang yang akan dibuang, untuk keperluan lain? Misalnya membungkus kado dengan kertas majalah lama?

“Standby Power” menghabiskan 10% total tagihan listrik Anda di rumah.
Anda bisa berhemat sekitar Rp250 ribu setahun jika mencabut steker perangkat elektronik seperti TV, DVD, dsb. Jika Anda meninggalkan perangkat elektronik dalam kondisi “standby” maka perangkat itu sebenarnya tetap mengonsumsi listrik.

Bagikan tips ini kepada teman-teman dan ajak mereka berubah demi bumi yang lebih baik!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa