Investasi

6 Ide ‘Dapetin Duit’ Lewat Pokemon Go

John Hanke, pendiri Niantic Labs yang menjadi pengembang aplikasi game Pokemon Go adalah orang di belakang meledaknya permainan ini. Keuntungan besar sudah pasti didapatnya, tapi dia tidak sendiri. Nintendo dan Google dalam hitungan minggu ikut meraup jutaan dolar.

Source: masteringunreal.com

Source: masteringunreal.com

Cukup setara dengan dana yang mereka kucurkan untuk promosi permainan ini. Namun, peluang menambah pundi-pundi tabungan juga bisa diperoleh oleh kita yang memiliki bujet minimalis. Berikut ini beberapa peluang usaha yang lahir dari fenomena Pokemon Go:

Jual Akun Pokemon Go
Meski secara resmi kegiatan ini tidak didukung oleh pengembangnya, seseorang yang punya kemampuan mengembangkan level permainan ini dapat menjual akun Pokemon Go yang dimilikinya. Penawaran ini diminati para pemain yang malas atau tidak punya cukup waktu untuk berburu monster.

Akun Pokemon Go yang telah mencapai level 20 atau lebih dihargai 200-800 dolar untuk bisa diakuisisi. Variasi harga didapat dari kelangkaan jenis Pokemon yang dimiliki akun tersebut.

Baca juga: Ini Lho 3 Hal Positif Kalau Kamu Main Pokemon Go

Jual Pokecoin
Sebenarnya koin yang digunakan untuk berbagai keperluan di dalam permainan ini bisa diperoleh secara cuma-cuma dengan berburu Pokemon di berbagai pokestop atau membelinya lewat Appstore atau Playstore. Namun, karena game ini belum dirilis secara resmi di Indonesia (saat tulisan ini dibuat) sehingga pembelian langsung tidak dapat dilakukan.

Karena itu mulai marak pula jasa pembelian koin ini di Indonesia. Seratus Pokecoin dihargai sekitar Rp25.000 bahkan ada yang menawarkan 14.500 Pokecoin dengan harga di atas Rp 1,5 juta.

‘Memancing’ uang di Pokestop/Pokegym
Pokestop dan Pokegym adalah dua tempat yang dicari-cari oleh para pemain Pokemon Go. Pokestop merupakan tempat di mana Pokemon sering kali muncul.

Sementara Pokegym adalah tempat di mana para pemain Pokemon Go membentuk sebuah komunitas atau gank. Kedua tempat ini ditentukan oleh game dan biasanya terletak di keramaian seperti mal, taman kota, museum bahkan tempat ibadah.

Di kedua tempat inilah para gamer akan berkumpul saat mereka memainkan Pokemon Go. Karenanya keduanya menjadi tempat yang sangat bagus untuk berjualan Pokecoin hingga merchandise Pokemon.

Demi menarik minat pemain untuk berkumpul, tidak jarang para penjual di sekitar spot ini menggunakan incense—sebuah alat yang bisa memancing kemunculan banyak Pokemon untuk ditangkap para gamer. Tempat mereka berjualan menjadi ramai dan peluang barang dagangan untuk terjual pun semakin besar.

Baca juga: Inilah ‘Kegilaan’ Para Pecandu Pokemon Go

Jasa mengemudi pemburu Pokemon
Banyak berita yang mengabarkan kalau game Pokemon Go ini mengancam keselamatan pemainnya akibat tidak memerhatikan lingkungan sekitarnya. Memang terkadang demi memburu Pokemon, para pemain harus menempuh jarak yang cukup jauh sambil mengawasi area dengan terus mengarahkan pandangan ke smartphone.

Kondisi ini menjadi peluang bisnis yang bagus bagi Anda pemilik kendaraan, dengan menyewakan sekaligus menyupiri para pemain untuk mencari Pokemon. Tarif sewa kendaraan plus supir sekitar dari Rp25.000/jam untuk motor dan Rp 100.000/jam menggunakan mobil. Sebaiknya bekali diri Anda dengan informasi seputar permainan ini.

Merchandise Pokemon Go
Sebagai peringkat ketiga penjualan waralaba terbesar di dunia, tentunya berbagai macam pernak-pernik yang terkait dengan Pokemon ini banyak dicari orang. Mereka yang sudah mengikuti tren Pokemon sejak era awal bisa menawarkan banyak item klasik bertema Pokemon yang dimilikinya para para peminat Pokemon.

Terkait dengan booming Pokemon Go sekarang ini di berbagai negara, permintaan akan berbagai macam aksesoris bertema Pokemon Go juga bermunculan. Mulai dari pakaian sampai alat tulis hingga sprei tempat tidur dan celemek masak bertema Pokemon digandrungi pasar. Baik produk resmi maupun tidak.

Source: klikmania.net

Source: klikmania.net

Kuliner bertema Pokemon Go
Sudah umum jika hal-hal yang sedang menjadi perbincangan dan menjadi tren akan memunculkan ide-ide baru. Begitu juga di dunia kuliner yang bisa menjadi inpirasi buat Anda. Pikachu Café di Tokyo, Jepang menjadi surga pencinta Pokemon.

Tidak hanya interior, aneka menu yang ditawarkan semua berhubungan dengan Pokemon. Burger Pikachu dan puding Pikachu adalah menu yang diburu banyak orang.

Di Mebourne, Australia, tepatnya di kafe Sisko Chocolate, ramai dikunjungi orang yang ingin mencicipi Pokesphere. Bola cokelat berisi marshmallow yang bentuknya mirip Pokeball kemudian disiram dengan cokelat panas benar-benar menggoda.

Di Jakarta, kedai Martabak Ganteng menawarkan martabak manis dengan topping red velvet crumble, biskuit cokelat dan krim keju yang disusun menyerupai Pokeball. Sebuah gerai donat modern di Jakarta juga ‘mendandani’ donatnya menyerupai Pokeball untuk menarik minat pembeli.

Jadi, peluang usaha apa yang menarik buat Anda? Namun, sebelum memutuskan temukan inspirasi dan jelilah melirik peluang bisnis terlebih saat terjadi fenomena seperti game Pokemon Go ini!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa