Kesehatan

7 Langkah Menangkal Penyakit di Musim Hujan

12892991_l

Bukan hanya air, musim hujan juga mendatangkan berbagai penyakit dan infeksi yang menular lewat udara dan makanan. Demam, batuk dan pilek adalah penyakit yang lumrah menjangkiti tubuh akibat suhu udara yang berfluktuasi. Mari baca tips berikut ini agar tetap sehat selama musim hujan!

  • Siapkan perlengkapan menyambut musim hujan.  Di musim ini, Anda harus punya akses langsung dengan peralatan seperti jas hujan, jaket anti-air bertudung/hood, juga sepatu anti-air agar Anda senantiasa kering.
  • Tambah asupan vitamin C. Meningkatkan asupan vitamin C, baik dalam bentuk alami maupun suplemen, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus influenza. Kekebalan tubuh Anda akan meningkat seiring bertambahnya asupan vitamin C dalam tubuh, yang pada gilirannya mengurangi risiko Anda terkena flu.
  • Mandi setelah terguyur hujan. Ternyata mandi setelah hujan dapat melindungi diri dari beragam infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang terbawa dalam air hujan. Dengan mandi kita bisa menghilangkan bakteri-bakteri yang melekat pada tubuh setelah terguyur hujan.
  • Minuman hangat. Setelah mandi, segera keringkan badan dan pakailah baju bersih dan kering. Lalu, buatlah minuman hangat (atau sup) yang dapat mencegah Anda terkena demam akibat perubahan suhu badan yang mendadak.
  • Menjaga kebersihan. Karena ini musim hujan, harap maklum jika berbagai mikroorganisme tumbuh subur. Kebersihan amatlah penting, bahkan jika Anda sudah terlanjur terkena flu. Cucilah tangan secara berkala untuk membunuh bakteri.
  • Minum banyak air putih. Karena suhu yang cenderung dingin, banyak orang merasa tidak perlu minum karena tidak merasa haus. Akibatnya, asupan air jadi berkurang. Jangan terjebak pada perasaan ini. Minumlah air yang banyak (tanpa menunggu haus) untuk menguras racun dari dalam tubuh.
  • Perhatikan asupan makanan. Cobalah konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh Anda senantiasa sehat. Hindari makan di luar jika tidak benar-benar perlu agar higienitas terjaga.

Hal yang terpenting yang mesti diingat adalah, senantiasa menjaga kesehatan selama musim hujan dan mencegah diri terkena infeksi. Atau kalau dalam peribahasa, sedia payung sebelum hujan.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa