Asuransi General Kendaraan

8 Hal Penting Agar Mudik Berjalan Lancar

Mudik merupakan tradisi bagi masyarakat Indonesia setiap tahun. Mudik biasanya telah direncanakan sejak lama oleh semua anggota keluarga bahkan sebulan sebelumnya. Agar mudik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman perlu dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Hal ini untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti jatuh sakit, cedera atau bahkan risiko paling buruk yaitu kematian. Berikut ini delapan hal penting agar tradisi mudik berjalan lancar :

1. Persiapan kendaraan
Servis kendaraan sebelum mudik. Cek kondisi mesin, oli, saringan udara, rem, aki, kelayakan ban mobil dan tekanan udaranya. Jika ada yang harus diganti, segera ganti dengan yang asli. Terakhir, cek juga bagian lain yang menunjang kenyamanan berkendara.

2. Tentukan rute perjalanan
Sebelum berangkat sebaiknya tentukan rute perjalanan mudik yang akan ditempuh termasuk jalur alternatifnya. Cari dan update informasi rute perjalanan sebanyak mungkin baik melalui radio, internet atau media sosial.

3. Tempat istirahat dan pos pelayanan kesehatan
Tentukan lokasi tempat beristirahat jika perjalanan sangat jauh. Pastikan jalur yang dilewati terdapat pos pelayanan kesehatan.

4. Tas khusus pakaian
Persiapkan tas khusus untuk keperluan barang-barang pribadi dan biasanya digunakan sepanjang perjalanan agar tidak perlu repot untuk membongkar bagasi. Sebagai contoh perlengkapan bayi, letakkan tas tersebut di bagian yang mudah dijangkau.

5. Obat-obatan keluarga
Bawalah obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga. Siapkan minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak seperti obat flu, demam dan batuk. Berkonsultasi dahulu ke dokter keluarga sebelum berangkat dapat membantu memastikan obat-obatan yang dibawa sudah sesuai.

6. Atur asupan makan dan vitamin
Jika perjalanan sangat jauh, bawalah bekal makanan dan minuman sendiri. Hindari makanan yang terlalu asam ataupun pedas untuk menghindari gangguan pencernaan selama perjalanan. Tetaplah makan tepat waktu dan minum air putih yang cukup, jangan menunda-nunda.

7. Persiapan fisik dan mental
Sebelum mudik jagalah kesehatan fisik dan mental. Pemudik umumnya akan melakukan perjalanan panjang dan lama, belum lagi menghadapi jalanan macet.

8. Catat nomor penting bantuan darurat.
Siapkan nomor telepon penting untuk kondisi darurat seperti nomor kantor polisi, layanan derek, ambulan dan info layanan tol serta jika Anda sudah terdaftar menjadi nasabah, call centre AXA Mandiri Mobil 24 jam di 021 30058788.

Nah, selanjutnya simpan dan ingat-ingat delapan hal penting ini untuk bekal Anda mudik nanti. Selamat mudik, jaga diri semoga selamat sampai tujuan.
Sumber: Liputan6.com, 1001Inspirasiramadhan.com

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa