Travel

Alasan penting bagi seseorang untuk melakukan travelling.

Berpergian atau travelling sebenarnya mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, banyak orang tidak melakukannya dengan berbagai alasan. Di antaranya karena keterbatasan dana, ketidaktersediaan waktu, atau malah karena tak berani keluar dari zona nyaman. Padahal, travelling itu baik. Mengapa?

Membuka mata

Berpergian memungkinkan kita untuk bertemu dengan beraneka macam orang beserta karakternya. Adaptasi yang kita lakukan untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain tersebut akan melatih insting kita untuk menjadi orang yang lebih peka dan fleksibel. Sisi kemanusiaan kita pun akan menjadi lebih terasah.

Mengenal diri sendiri

Perjalanan biasanya menciptakan tantangan yang tidak terduga. Suatu hal yang lumrah ketika kita menjelajahi daerah yang baru. Perbedaan budaya dan kebiasaan misalnya, berpotensi menimbulkan tantangan dalam berkomunikasi. Kalau kita bisa menghadapi apa pun yang kita temui dalam perjalanan dengan hati terbuka, itulah bukti bahwa kita memiliki karakter yang tahan banting.

Mengembangkan bakat dan kemampuan

Kepuasan yang kita rasakan saat berhasil menaiki puncak gunung, atau melintasi hutan, atau membantu orang-orang yang kesulitan pasca tertimpa bencana, atau sekadar berhasil memesan apa yang kita mau di sebuah restoran di pedalaman China, sungguh tak bisa dinilai dengan apa pun. Pengalaman akan membuka mata kita terhadap kemampuan diri yang selama ini mungkin tak disadari kita miliki.

Membangun ikatan yang kuat

Orang yang kita temui saat berpergian tak jarang akan menjadi teman yang namanya menjadi berharga untuk kita catat di dalam buku kontak pribadi. Pemahaman dan pengalaman baru yang mereka ciptakan selamanya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk kita kenang. Pun jika Anda melakukan perjalanan dengan teman atau anggota keluarga, ikatan akan terjalin lebih kuat. Segala tantangan yang dihadapi di perjalanan menuntut kerja sama yang solid dengan partner perjalanan Anda.

Memberikan petualangan

Berlompatan di atas kanopi hutan di Peru, berperahu dengan kecepatan tinggi di New Zealand, hingga beradu kencang dengan kawanan binatang di Tanzania di dalam mobil yang berguncang-guncang. Adrenalin membuat kita merasa lebih hidup sebagai manusia. Dan, itu biasanya baru terasa saat kita keluar dari zona nyaman.

Memberikan sudut pandang yang berbeda

Bertemu dengan orang yang memiliki latar belakang budaya berbeda biasanya memberikan kita pemahaman baru terhadap banyak hal. Apa yang selama ini kita lihat di media bisa jadi sangat jauh berbeda dengan realita yang ada. Anda pun dapat belajar banyak hal baru.

Mempertajam pola pikir
Berada di lingkungan baru akan membangunkan sebagian pikiran kita yang selama ini ‘tertidur.’ Saat travelling kita mungkin mau tak mau harus bisa membaca peta, berbicara bahasa asing, mengambil keputusan dengan cepat, atau menyesuaikan pola tidur dengan lokasi tempat kita berada. Hal-hal yang berbeda dengan yang biasa kita temukan di rumah membutuhkan proses mental dan pikiran. Karena itulah otak kita akan kembali bekerja dengan lebih aktif.

Mengajarkan ilmu baru

Pergi menjelajahi dunia tak hanya akan membuka cakrawala baru, akan tetapi juga memberikan ilmu yang mungkin tak kita temui di sekolah. Kita jadi belajar ekonomi, politik, sejarah, geografi, hingga sosiologi pada praktiknya dan bukan sekadar teori di dalam buku.

Menenangkan

Berpergian memberikan kita kesempatan untuk bersantai dan bebas dari stres. Karena pada saat itu kita bisa menjauh sejenak dari rutinitas harian yang kadang membuat sakit kepala. Well, tidak jarang travelling juga menciptakan stres, sih, tetapi stres yang positif. Stres yang positif adalah yang mampu mendorong Anda untuk menjadi lebih baik.

Mengembalikan semangat untuk menjalani hidup

Paling penting, travelling membuat kita kembali segar dan semangat untuk kembali menjalani rutinitas. Kita menjadi lebih relaks dan siap menghadapi hal-hal baru yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.
Jadi, sudah tahu mau pergi ke mana liburan kali ini? Ke mana pun tujuan Anda, satu hal yang tak boleh luput dalam persiapan, yaitu asuransi perjalanan. Perlindungan yang AXA Mandiri Travel berikan akan memastikan petualangan Anda lakukan berjalan lebih aman dan menenangkan. Nah, selamat berpetualang dan hati-hati di jalan, ya!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa