Kesehatan

Allium Sativum, si Antibiotik Alami

Bawang putih sudah digunakan sejak 3000 tahun sebelum Masehi untuk mencegah dan mengobati penyakit. Penelitian dari The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa di banyak kebudayaan, bawang putih disebut sebagai sumber energi yang bisa meningkatkan performa kerja.

Hipokrates kerap meresepkan bawang putih untuk menyembuhkan aneka penyakit. Allium sativum, nama latin bawang putih, diberikan pada atlet-atlet Olimpiade pertama di Yunani. Inilah doping yang pertama kali dikenal di dunia olahraga.

Teks-teks medis kuno dari Yunani, Roma, Cina dan India pun menyebutkan kegunaan medis bawang putih. Bawang putih bahkan ditemukan tersimpan di piramida dan kuil-kuil Yunani kuno. Menariknya adalah, meskipun banyak kebudayaan ini berkembang tanpa kontak ke kebudayaan lainnya, kesimpulan mereka terhadap bawang putih sama. Mereka semua sepakat bahwa bawang putih berguna untuk kesehatan.

Dibuktikan penelitian modern

Ilmu pengetahuan modern pun kini menyatakan hal yang sama. Mereka menemukan bahwa bawang putih dapat menambah pertahanan tubuh. Para ilmuwan terus mengembangkan riset untuk menggali potensi bawang putih, tak hanya sebagai pencegah berbagai penyakit tapi juga sebagai obat.

Jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition No 49 tahun 2009 menjelaskan bahwa bawang putih adalah pelindung alami dari ancaman perusak kesehatan. Allicin, kandungan di dalam bawang putih terbukti dapat mencegah pembentukan radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Mengkonsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tingkat kolesterol, menjaga tekanan darah dan melindugi tubuh dari radang pembuluh darah. Selain itu, bawang putih juga terbukti meningkatkan pertahanan tubuh dan dapat mengurangi keganasan sel tumor.

35117786_l

Bagaimana mendapatkan kegunaan bawang putih secara optimal? Menurut Peter McClusky, pendiri Toronto Garlic Festival, cara terbaik mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan memakannya dalam keadaan mentah. Jika dimasak di atas suhu 60 derajat Celcius, kandungan allicin di dalam bawang putih dapat hancur. Kalaupun dicampur dalam makanan, masukkan bawang putih terakhir, setelah masakan diangkat dari api.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa