Travel

Bagasimu Terlambat? Jangan Panik!

Setelah lelah menempuh perjalanan udara, bagasi terlambat tentulah persoalan yang tidak ingin kamu hadapi saat tiba di bandara. Apalagi, kalau bagasi terlambat saat di awal perjalanan! Tentunya akan membuat kamu travelling dengan gelisah dan super repot. Duh, ngeselin banget enggak, sih? Ada perasaan takut juga kalau barang-barang penting di dalam koper hilang. Namun, jangan panik bila kamu mengalami kejadian sial tersebut. Tetaplah tenang dan lakukan hal-hal berikut ini:

  • Laporkan ke Kantor Layanan Bagasi

Di bandara, setiap maskapai pasti memiliki Kantor Layanan Bagasi untuk mengatasi keluhan ini. Beberapa maskapai juga menyediakan layanan ini secara online. Segera cari staf yang bertugas dan laporkan bagasi kamu yang terlambat. Saat kamu check-in dan memasukkan bagasimu, kamu mendapatkan secarik kertas yang menyatakan informasi soal bagasimu, bukan? Gunakan informasi itu untuk memudahkanmu membuat laporan. Biasanya, kamu juga akan diberikan pilihan apakah mau mengambil sendiri bagasi yang nantinya akan tiba di bandara atau dikirimkan ke alamat kamu.

Setelah memberikan laporan, staf akan memberikanmu Laporan Ketidaksesuaian Barang (Property Irregularity Report / PIR) serta nomor rujukan. Biasanya, mereka akan memberikan perkiraan waktu kapan bagasimu akan tiba. Jangan lupa untuk menanyakan atau memastikan kontak yang bisa dihubungi untuk berjaga-jaga apabila nanti bagasi tak kunjung tiba.

  • Pantau status bagasimu

Nah, setelah mendapatkan nomor rujukan, kamu dapat mengecek status bagasimu secara online via WorldTracer. Cukup masukkan kombinasi huruf dan angka referensimu serta namamu untuk mengeceknya. Kemudian, tentunya hal yang harus kamu lakukan adalah bersabar menunggu kedatangan bagasi. Namun, apabila bagasi tak kunjung datang atau melebihi waktu yang diperkirakan oleh staf bandara, segera hubungi Kantor Pusat Barang Hilang maskapai yang bersangkutan untuk menanyakan kepastian terkait bagasimu. Apabila status bagasimu tak juga berubah, bisa jadi bagasimu hilang, dan biasanya staf akan menghubungi kamu untuk menginformasikan hal ini. Ketentuan masing-masing maskapai berbeda-beda, namun pada umumnya, bagasi akan dinyatakan hilang setelah 1-2 minggu sejak tanggal PIR.

  • Cek kondisi bagasi

Setelah sabar menunggu, akhirnya bagasi sampai juga! Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi bagasimu. Cek dengan teliti, apakah ada bagian yang rusak atau barang hilang. Perlu diingat bahwa beberapa maskapai memiliki peraturan tidak akan mengganti kerugian apabila kerusakan bagasi hanya berupa goresan, penyok, bernoda, atau kerusakan ritsleting. Jadi, cek lagi terms and condition-nya ya! Namun, apabila kerusakannya parah atau ada barang yang hilang, maka laporkan dengan memberikan detail kontakmu, penerbangan dan label bagasi, serta deskripsi kerusakan kepada pihak maskapai untuk ditangani lebih lanjut.

  • Klaim asuransi perjalanan

Kalau kamu punya asuransi perjalanan AXA SmartTraveller, jangan lupa juga untuk mengklaim kepada pihak asuransi karena kamu berhak atas hal ini. Meskipun kedengarannya remeh, tapi hal ini akan sangat membantu kenyamanan kamu. Misal, karena seluruh pakaianmu tertahan, kamu jadi terpaksa beli baju baru, fret not! AXA akan mengganti biaya yang kamu keluarkan. Jangan lupa siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Pihak asuransi akan meminta detail informasimu, rekening bank, pernyataan, dan dokumen yang diperlukan, seperti kuitansi pembelian barang, salinan atas rincian perjalanan, serta PIR.

Untuk kamu yang belum punya asuransi perjalanan AXA SmartTraveller, langsung beli online di sini!

Kalau bisa #onlineinaja kenapa harus ribet!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa