Kesehatan

Belanja Cermat Saat Musim Diskon

Jangan beranggapan dengan berbelanja di musim diskon, berarti Anda sudah menjadi smart shopper. Justru biasanya yang terjadi malah sebaliknya. Karena tergoda diskon, sering kali Anda membeli barang di luar kebutuhan dengan jumlah yang banyak. Alhasil pengeluaran Anda justru lebih besar. Lalu bagaimana menyiasatinya? Ini kiat dari kami!

Bikin rencana yang matang
Belanja juga harus punya rencana. Saat musim diskon, biasanya Anda sudah tahu brand-brand apa saja yang akan memberikan potongan harga. Buatlah daftar apa saja barang yang Anda ingin beli (terutama barang yang sudah lama Anda idamkan). Kalkulasikan sesuai budget, jika sudah sesuai, mulailah berbelanja. Ingat, fokuslah pada barang-barang yang ada di daftar Anda saja.

Bawa uang tunai
Jika sudah membuat daftar belanja beserta kalkulasinya, maka bawalah uang tunai sejumlah kalkulasi tersebut. Silakan lebihkan sedikit untuk ongkos atau uang makan. Hal ini akan memaksa Anda tetap berbelanja sesuai pada daftar yang sudah ada.

Tunggu dulu sebelum berkomitmen
Oke, ini bukan soal hubungan cinta, tapi soal ketertarikan terhadap barang incaran. Biasanya pesta diskon berlangsung lebih dari satu hari. Jika melihat barang yang disukai, jangan langsung dibeli, karena bisa saja saat itu Anda sedang impulsif. Tunggulah beberapa hari sambil berpikir. Jika setelah menunggu, Anda masih tetap menginginkan barang tersebut, silakan langsung membelinya.

Gunakan kartu kredit jika…
Oke, Anda boleh bawa kartu kredit jika memang pusat perbelanjaan atau toko online kesayangan memiliki diskon tambahan. Tapi ingat, bukan berarti Anda jadi boleh membeli barang lebih banyak. Jika diskon yang diberikan tak sebanding dengan kemungkinan kerugian yang Anda alami karena tak bisa menahan diri, lebih baik tinggalkan kartu kredit Anda di rumah.

Kenali batasan diri
Anda yang paling mengenal diri sendiri juga situasi yang tengah dialami. Jika memang keuangan Anda tak memenuhi syarat untuk ikut serta dalam pesta diskon kali ini, sebaiknya hindari. Jangan mendatangi sumber godaan seperti mall, atau toko online. Menahan diri jauh lebih baik ketimbang merugi.

Uang habis karena belanja? Tenang, karena sekarang harga perlindungan kesehatan Anda sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 13000/bulan. Ekonomis, mudah dan menyengangkan, itulah AXA Life Indonesia. Psstt.. Belinya bisa lewat gadget Anda, lho. Kunjungi LINK ini sekarang untuk info lebih lanjut!
Selamat berburu diskon!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa