Lifestyle

Berbelanja Bijak dan Hemat, Ini Caranya!

Belanja merupakan hal rutin yang dilakukan oleh setiap orang. Baik harian, mingguan ataupun bulanan. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan tidak heran banyak yang menjadi boros pengeluarannya.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari bengkaknya anggaran belanja:

Buat daftar barang yang akan dibeli

Membuat daftar belanja akan membantu Anda untuk berhemat. Selain memudahkan Anda untuk mencapai target barang yang akan dibeli, Anda dapat menghitung perkiraan pengeluaran yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Catat juga pengeluarannya setelah berbelanja.

Belanja di saat yang tepat

Belanjalah pada saat perut Anda cukup terisi. Perut yang lapar, sangat berpotensi membuat Anda berbelanja tanpa menghiraukan daftar. Selain itu, belanjalah saat supermarket tidak terlalu penuh. Itu artinya, hindari berbelanja di tanggal muda atau siang-sore hari. Saat ramai, antrean kasir menjadi panjang, membuat Anda tergoda untuk membeli barang yang ada di counter kasir.

Prioritaskan barang yang dibutuhkan

Keinginan untuk membeli semua barang sekaligus memang menjadi kebiasaan yang sulit dikendalikan. Apalagi jika Anda berbelanja di awal bulan, saat uang di rekening masih cukup banyak. Hal ini, bukan tidak mungkin, membuat Anda cenderung untuk berbelanja melebihi anggaran. Hindari hal ini dengan hanya membeli barang yang memang menjadi prioritas dan Anda butuhkan.

Manfaatkan promo yang ada

Manfaatkan promo-promo yang berlaku di tempat perbelanjaan. Promo tersebut dapat mengurangi pengeluaran Anda secara signifikan. Terutama jika Anda membeli barang yang banyak digunakan, seperti minyak goreng dan detergen. Salah satu media cetak nasional, memuat iklan promosi dari supermarket ternama setiap hari Jumat.

Cek apakah barang Anda masuk ke dalam promosi mereka, sebelum memutuskan untuk berbelanja. Namun, tak ada salahnya berhati-hati dalam menggunakan promo yang ada. Perhatikan ketentuan yang berlaku sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

Membawa uang tunai

Penggunaan kartu debit dan kredit yang terlalu sering dapat membuat Anda menjadi boros. Apabila Anda menggunakan kartu debit dan kredit, kemungkinan untuk menambah daftar pengeluaran semakin besar. Jadi, tinggalkan kartu kredit dan debit Anda di rumah, dan bawa uang tunai sesuai daftar belanja yang Anda bawa. Menggunakan uang tunai dengan jumlah yang pas akan membantu Anda mengontrol pengeluaran.

Langsung pulang setelah berbelanja

Untuk mencegah pengeluaran yang lebih besar sebaiknya Anda langsung pulang setelah berbelanja. Kenapa demikian? Hal ini untuk menghindari Anda berkeliling dan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Anda menjadi tertarik untuk membeli barang yang tidak perlu.
Selain itu jangan lupa untuk mempersiapkan perlindungan asuransi jiwa dengan beberapa jenis pilihan investasi sesuai dengan kebutuhan Anda bersama AXA!
Selamat berbelanja!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa