Kendaraan

Cara melindungi diri dari makanan yang tak sehat

Banyak makanan tak sehat yang terlihat sehat bagi tubuh dan sangat berbahaya, seperti apakah itu?

Saat ini banyak makanan yang tak sehat tetapi terlihat sehat. Anda mungkin mengira jenis makanan ini membantu menjaga kesehatan jantung (karena kadar lemaknya dikurangi) atau mencegah kegemukan (karena sugar-free alias bebas gula).

• Soda ringan atau bebas kalori
Minuman berkarbonasi dengan label “light” atau “zero-calorie” memang pada kenyataannya mengandung kalori lebih rendah daripada versi reguler, tetapi tetap saja meningkatkan risiko diabetes, kegemukan, dan penyakit metabolis lain. Pemanis buatan yang digunakan di minuman bersoda juga dapat membuat Anda ngidam makanan tak sehat.

Dressing salad bebas lemak
Lemak dalam salad membantu tubuh Anda menyerap semua gizi yang ada di sayuran. Kalau Anda menyingkirkan lemaknya, Anda justru mencuri vitamin dan mineral dari sayuran ini dari tubuh sendiri. Tak hanya itu, lemak yang dibuang dari dressing biasanya adalah asam lemak omega-3 yang biasa terdapat di minyak zaitun – yang mampu mengurangi tekanan darah.

• Jus buah
Jus jeruk, cranberry, atau buah-buahan lain dalam kotak atau botol memang mengandung nutrien menyehatkan. Tetapi sayangnya, jus-jus ini juga sarat kalori dan fruktosa – yang sulit dicerna tubuh. Di supermarket, cek dulu label di botol agar Anda tahu seberapa banyak kandungan buah dan gula yang Anda serap. Cobalah minum jus buah segar – atau jika Anda punya blender di rumah, Anda bisa membuat jus sendiri.

• Yogurt dengan perasa tertentu
Yogurt bisa jadi camilan yang sangat menyehatkan, karena dapat membuat Anda kenyang dengan cepat serta mencegah obesitas. Bagaimanapun, ingatlah bahwa yogurt yang dihasilkan dari industri yang dilengkapi potongan buah atau perasa, umumnya mengandung gula dan pengawet tidak sehat. Jadi, jika Anda ingin yogurt yang tidak berasa, pilihlah yogurt organik. Yang terbaik tentu saja membeli yogurt tawar dan tambahkan potongan buah sendiri.

• Roti Gandum, Pasta, atau Sereal
Sebuah produk yang tidak berlabel 100% “whole grain wheat”, berarti sebagian besar kandungan gandumnya telah diproses. Untuk melindungi kesehatan, hindarilah makanan dari gandum utuh yang putih dan telah diproses (misalnya pilih roti tawar dandum ketimbang roti tawar biasa). Pilihlah produk “whole-grain” yang kaya akan serat, vitamin dan mineral, dan membantu tubuh mengurangi risiko penyakit kronis.

Sehingga untuk kesehatan Anda, baiknya konsumsi makanan yang mengandung Pure nutrisi, ganti cemilan Anda dengan buah-buahan, roti gandum dll. Selain itu, berbicara mengenai kesehatan penting untuk Anda agar dapat mempersiapkan perlidungan kesehatan menyeluruh untuk Anda dan keluarga.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa