Lifestyle

Cara Sederhana Optimalkan Olahraga

Olahraga idealnya membantu Anda menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, apabila dilakukan dengan kurang tepat dan tidak terfokus maka olahraga yang dilakukan tidak akan efektif. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, hal ini dapat membuat target yang diinginkan sulit untuk dicapai. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan olahraga.

Tambah intensitas olahraga

Selain dilakukan secara teratur, intensitas olahraga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Intensitas olahraga mengacu pada seberapa keras tubuh Anda bekerja selama melakukan aktivtas fisik. Tujuan kesehatan dan kebugaran, juga tingkat kebugaran Anda saat ini, akan menentukan intensitas olahraga yang ideal untuk Anda.

Umumnya, intensitas latihan dapat dibagi menjadi rendah, sedang, dan tinggi. Untuk manfaat kesehatan yang maksimal, Anda perlu berlatih dengan intensitas tinggi—tetapi tidak terlalu tinggi. Sehingga untuk mencapai kondisi kesehatan tubuh yang baik, Anda perlu menargetkan untuk melakukan setidaknya 30 menit latihan berintensitas sedang-tinggi hampir setiap hari.

Frekuensi olahraga yang sesuai

Frekuensi olahraga yang tepat akan memberikan hasil yang sesuai kebutuhan. Sebelum menentukan seberapa sering Anda akan berolahraga, tentukan terlebih dahulu tujuan Anda. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan 5 kg dalam waktu 3 bulan. Dari target tersebut Anda dapat menentukan seberapa sering dan seberapa lama Anda dapat melakukan olahraga. Tentu saja, ini pun perlu disesuaikan dengan gaya hidup dan jadwal Anda.

Jenis olahraga

Lakukan jenis olahraga yang memang diperlukan dengan tubuh Anda. Sesuaikan olahraga tersebut dengan kemampuan tubuh, bukan sekadar ikut-ikutan tren yang sedang marak di tengah masyarakat. Apabila Anda ingin membentuk otot, fokuskan olahraga pada kegiatan angkat beban. Bila tujuan Anda menurunkan berat badan, maka olahraga kardio yang banyak membakar kalori merupakan pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk memberikan variasi olahraga agar tubuh tidak jenuh.

Waktu olahraga yang tepat

Pagi atau sore hari? Kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga? Jawaban yang paling tepat adalah: hal itu tergantung pada diri Anda sendiri. Kapan waktu yang terbaik untuk Anda? Setiap orang memiliki jawaban yang berbeda. Menurut Russel Plate, PhD, profesor ilmu olahraga di Arnold School of Public Health di University of South Carolina, Columbia, Amerika Serikat, waktu terbaik untuk berolahraga adalah saat Anda melakukannya dengan konsisten. Sebab, manfaat aktivitas fisik sangat bergantung pada jumlah latihan yang Anda lakukan secara konsisten.

Banyak hal dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, termasuk berolahraga. Anda dapat mengatur kegiatan olahraga anda sesuai kebutuhan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk melewatkan waktu berolahraga. Selamat berolahraga!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa