Lifestyle

Fakta dan Manfaat Olahraga Malam Hari

Manfaat olahraga malam bagi kesehatan.

Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi hari karena merasa pada waktu itulah mereka memiliki tenaga untuk melakukannya, ketimbang sore atau malam setelah berkegiatan. Walau begitu, tidak semua orang sanggup atau mempunyai kesempatan untuk melakukan olahraga di pagi hari. Ada orang yang sistem kerja tubuhnya baru benar-benar berfungsi di atas pukul 10.00, ada yang memang karena kesibukan tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga di pagi hari. Baru sempat, ya, di sore atau malam hari. Tidak masalah, karena olahraga malam hari pun ternyata banyak nilai positifnya. Tidak percaya? Ini buktinya.

1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Clinical Research Centre of the University of Chicago menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga di sore atau malam hari memiliki tingkat hormon kortisol dan thyrotropin yang lebih tinggi ketimbang mereka yang berolahraga di pagi hari. Naiknya kedua hormon tadi menyebabkan kadar gula darah turun sehingga meminimalisasi kemungkinan seseorang terkena diabetes. “Ini merupakan tanda bahwa metabolisme tubuh kita akan beradaptasi dengan baik terhadap olahraga malam asalkan dilakukan secara rutin,” ujar kepala penelitian, Dr Orfeu Buxton.

2. Lebih bertenaga

Bagi sebagian orang yang sistem kerja tubuhnya baru “terbangun” di siang hari, olahraga malam tentunya menjadi lebih efektif karena pada waktu itu umumnya tubuh sudah menyimpan lebih banyak energi dibandingkan ketika pagi hari. Makanan yang mereka konsumsi di siang hari akan menjadi bahan bakar yang tepat dalam sesi pembakaran kalori di malam hari.

3. Lebih santai

Kalau Anda termasuk anggota klub kebugaran, tentu tahu rasanya berolahraga saat jam sibuk yang berlangsung pada pagi hari, saat jam makan siang, atau tepat sesaat jam pulang kantor. Itu kenapa, olahraga malam akan terasa lebih nyaman. Di malam hari, ruangan gym menjadi lebih lengang. Kita pun bisa leluasa menggunakan alat-alat kebugaran yang kita inginkan tanpa harus repot menunggu atau bergantian. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari berolahraga.

4. Bebas stres dan tidur lebih nyenyak

Sebuah studi menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan pada malam hari terbukti dapat meredakan ketegangan serta stres yang Anda rasakan setelah berkegiatan seharian. Ini terjadi karena saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang berfungsi melancarkan peredaran darah. Tubuh akan menjadi relaks sehingga tidur pun menjadi lebih pulas.

Sekarang Anda tahu gunanya olahraga malam. Olahraga, jam berapa pun kita melakukannya, sebenarnya baik bagi tubuh daripada tidak melakukannya sama sekali. Jadi, jangan terpatok pada kapan waktu yang baik untuk melakukannya. Ingatlah bahwa kesehatan merupakan hal penting untuk kita jaga. Jangan sampai kita menyepelekannya dan menyesal saat tubuh sudah telanjur kedatangan penyakit yang tak diinginkan. Itulah pula mengapa penting bagi kita untuk melengkapi diri dan keluarga dengan perlindungan kesehatan terbaik, antara lain dengan memilih asuransi yang sesuai. Asuransi kesehatan membantu kita terhindar dari rasa cemas apabila memang suatu saat kita membutuhkannya.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa