Investasi

Hati-hati Dikibuli Janji Investasi

Cara mengenali sebuah investasi bodong atau bukan.

Saat mendengar kata investasi, apa hal pertama yang melintas di kepala Anda? Sebagian besar mungkin menjawab: keuntungan. Itu wajar karena memang ketika kita memutuskan untuk menanamkan uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek, biasanya harapannya adalah untuk memperoleh keuntungan. Namun, bagaimana cara memastikan investasi yang akan kita jalankan ini adalah benar dan bukan investasi bodong? Mari kita pelajari bersama.

Imbal hasil yang tinggi dan pasti

Perlu kita ketahui, dalam sebuah usaha, tidak ada yang namanya keuntungan pasti. Apalagi kalau perusahaan ini baru saja berdiri. Jumlah keuntungan yang dibagi seharusnya berdasarkan keuntungan yang didapat, bukan dari jumlah modal yang disetor. Kalau Anda bingung, mudahnya begini: saat mendapatkan tawaran investasi, cobalah melakukan penghitungan matematika sederhana. Ini berguna untuk memperkirakan apakah tawaran tersebut masuk akal atau tidak. Jika investasi tersebut menawarkan keuntungan besar yang berasal dari jumlah uang yang tidak terlalu besar, Anda patut curiga.

Tidak memiliki surat izin

Setiap lembaga atau produk keuangan, apalagi yang menghimpun dana masyarakat untuk pengelolaan investasi, harus mengantongi izin resmi dari instansi yang berhubungan dengan hal tersebut. Saat ini setiap jenis bentuk investasi harus diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau tidak, jangan diladeni, karena itu sudah pasti bukan badan investasi yang bisa dipercaya.

Tidak jelas produk atau model bisnisnya

Setiap bisnis wajib memiliki skema penghasilan dan pengeluaran yang jelas. Model bisnis yang bagus adalah yang mudah dipahami. Jika pengelola investasi tidak dapat memberikan Anda pemahaman tentang dari mana sumber penghasilan mereka berasal, ini patut dicurigai. Secara hukum, investor berhak tahu apa saja usaha yang dilakukan oleh badan tempat ia berinvestasi. Itu mengapa ada laporan keuangan tahunan emiten yang melantai di bursa saham. Investor harus tahu bagaimana kinerja perusahaan dan dengan begitu merasa yakin bahwa uang mereka berada di tempat yang aman.

Supaya tidak kecewa di kemudian hari, pastikan Anda memilih jenis investasi usaha yang terpercaya mulai dari sekarang. Contohnya, Produk Investasi Reksadana dari AXA Indonesia. Solusi perlindungan masa depan untuk Anda dan keluarga ini menawarkan pilihan produk investasi dengan profil risiko yang beragam dan sesuai kebutuhan. Kelak saat berjalan, Anda pun akan dibantu oleh manajer investasi berpengalaman yang siap memastikan uang Anda bekerja untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan nyaman dan tenang merencanakan persiapan biaya pendidikan bagi putra-putri, hingga biaya pensiun dan warisan keluarga, tanpa terganggu oleh pikiran akan adanya kemungkinan penipuan.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa