Travel

Ini Dia Tips Liburan Aman dan Nyaman ke Luar Negeri

Travelling merupakan salah satu kegiatan yang dinantikan setiap saatnya. Bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan keluar negeri, tentunya banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan dengan matang agar tidak kesusahan di negeri orang. Untuk perjalanan yang nyaman dan aman, perhatikan hal-hal berikut sebelum bepergian keluar negeri :

Bijaksana menggunakan kartu kredit
Transaksi menggunakan kartu kredit di luar negeri sebaiknya dipikirkan dengan baik. Pasalnya, kerap kali kurs yang dikenakan pada setiap transaksi mata uang yang terjadi lebih tinggi dari pasar. Akan tetapi, kalau pun harus menggunakan kartu kredit, pastikan Anda sudah mengetahui konsekuensinya. Misalnya, apakah ada biaya tambahan terkait penggunaan kartu kredit di negara tujuan.

Bila ya, berapa persen dari nilai transaksi? Ketahui bank-bank di negara tujuan yang menjadi partner bank penerbit kartu kredit Anda. Bertransaksi di ATM bank yang menjadi partner biasanya dikenakan biaya yang lebih kecil. Jangan sampai biaya perjalanan membengkak karena Anda mengambil uang di sembarang ATM.

Obat-obatan
Masalah kesehatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat bepergian. Bawalah obat-obatan secukupnya, terutama obat-obatan seperti P3K, obat demam, dan obat alergi. Apabila Anda memiliki penyakit khusus, bawalah obat-obatan yang biasa Anda gunakan.

44685902 - closeup of a young caucasian man with a world globe in his hand

Peta
Dengan teknologi yang semakin berkembang, Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai penyelamat perjalanan Anda. Mulai menyimpan beberapa lokasi yang ingin Anda kunjungi dan screen capture peta tersebut sehingga bisa digunakan jika Anda kehilangan sinyal. Akan lebih baik lagi apabila Anda membawa cadangan peta manual negara atau daerah tersebut.

Kartu nama hotel
Bawalah kartu nama hotel ketika bepergian. Pasalnya, banyak negara yang penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris. Anda bisa menunjukkan kartu nama tersebut kepada supir taksi atau orang-orang sekitar untuk menunjukkan arah. Tujuannya agar Anda mendapatkan kemudahan untuk pergi menuju atau kembali ke hotel.
Gunakan maskapai lokal
Apabila Anda ingin bepergian dari suatu daerah ke daerah lain di suatu negara dan ingin menggunakan jalur udara, manfaatkanlah maskapai lokal yang ada. Maskapai lokal seringkali memberikan harga yang lebih murah dan biasanya menggunakan mata uang lokal sehingga Anda bisa lebih berhemat.

Uang tidak terpakai
Masih menyimpan uang receh? Sebaiknya gunakan untuk membeli makanan ringan, minuman, oleh-oleh, atau transaksi di hotel. Uang tersebut tidak akan memiliki nilai begitu Anda kembali ke rumah. Akan lebih bermanfaat bila uang itu sudah dibelikan makanan atau cindera mata bukan?
Selamat berjalan-jalan!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa