Lifestyle Umum

Intip Tips Pesta Pernikahan Hemat dan Go Green!

Bisnis pesta pernikahan di Indonesia adalah industri yang serius. Mulai dari sewa gedung, katering, dekorasi, pelaminan, kostum, hingga fotografi/videografi, biaya menyelenggarakan pernikahan umumnya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Tapi bukan cuma biaya yang besar: dampak lingkungannya juga.

Berikut ini beberapa ide menyelenggarakan pesta pernikahan “hijau” atau tema “Go Green” dan juga lebih hemat.

Tekstil ramah lingkungan
Semua mempelai wanita pasti ingin tampil dengan gaun atau kebaya yang paling sempurna yang pernah ada. Tapi cobalah memanfaatkan “tekstil hijau” – yang diproduksi dari bahan alami dan serat organik yang dapat dibuang atau dipakai kembali tanpa membahayakan lingkungan. Misalnya sutra atau katun organik.

Think Digital
Membuat website pernikahan sendiri adalah alternatif bagus bagi undangan tradisional dari kertas. Anda bisa mengupdate informasi sesegera mungkin dan memajang foto-foto kebersamaan – serta menghemat kertas sekaligus. Bagaimanapun, jika Anda masih memerlukan undangan tradisional untuk menghormati sanak saudara yang sepuh, pilihlah kertas daur ulang.

Dekorasi unik2016-01-05_0030Anda harus kreatif dengan dekorasi tempat pernikahan. Siapa sangka, barang rumah tangga sehari-hari bisa jadi hiasan unik! Misalnya tempat lilin dari cangkang telur, atau lentera dari stoples kecil. Jelajahi internet untuk mendapatkan inspirasi tiada batas, serta instruksi untuk membuat hiasan-hiasan unik.

Jangan hamburkan makanan
Resepsi pernikahan sangat mungkin menjadi sumber terbuangnya makanan karena tidak habis. Pernikahan tradisional di Cina mencakup 12 jenis makanan, sementara pernikahan di India berlangsung 3 hari. Pernikahan di Indonesia bisa menyajikan makanan untuk 1000 orang tamu undangan.

Untuk mengurangi makanan yang mubazir terbuang, jangan pesan berlebihan. Batasi jenis makanan hingga 8-10 dan sesuaikan proporsinya dengan undangan. Jangan pernah membuang makanan, biarkanlah para tamu undangan menikmati sajian hingga selesai. Sampaikan pada mereka untuk membawa kotak makan untuk membungkus makanan jika ada yang lebih.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa