Investasi

Investasi atau Menabung? Pahami Dulu Caranya!

Masih banyak yang tidak bisa membedakan apa yang dimaksud dengan menabung dan apa yang dimaksud dengan investasi. Padahal keduanya memiliki ciri yang sangat berbeda. Agar tak salah kira, mari kita simak apa saja perbedaannya.

Tujuannya
Menabung: Tujuan menabung biasanya untuk mengatur keuangan jangka pendek. Misalnya untuk biaya kehidupan sehari-hari, belanja bulanan dan sebagainya. Putaran uang di tabungan dapat dipastikan lebih cepat ketimbang investasi.

Investasi: Tujuan investasi adalah keuntungan jangka panjang. Oleh karena itu saat berniat investasi, kita sudah harus sadar betul bahwa keuntungan yang didapat tak akan bisa langsung dirasakan.

Objeknya
Menabung : Objek yang ditabung adalah uang. Karena tujuannya adalah untuk mengatur keuangan sehari-hari.

Investasi: Objek investasi bisa beragam, misalnya emas, properti, saham, obligasi, valas dan masih banyak lagi. Objek ini disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter si investor.

Transaksi
Menabung: Lazimnya di era modern ini, masyarakat menabung di bank. Tapi tak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang memakai cara kuno seperti menabung di celengan atau menyimpan uang di rumah.

Investasi: Investasi bisa dilkukan di bank, perusahaan asuransi, pasar riil maupun pasar keuangan. Tergantung objek investasi apa yang dipilih.

Keuntungan
Menabung: Saat menabung di bank, bunga bisa dibilang sebagai keuntungannya. Namun jika dilihat dari jumlahnya, tidak signifikan. Oleh karena itu, menabung tidak bisa menjadi sarana mencari keuntungan yang banyak.

Investasi: Investasi adalah salah satu cara untuk mencari keuntungan yang banyak. Tapi ingat, semakin besar kemungkinan keuntungannya, maka semakin besar juga risiko yang bisa Anda dapatkan.

Intinya, menabung dan investasi bukanlah sebuah pilihan, karena keduanya jelas memiliki tujuan yang berbeda. Justru yang ideal adalah Anda memiliki keduanya dan melalui Muda Mandiri sehingga hidup Anda dan keluarga dapat terproteksi di masa kini, juga di masa depan dengan investasi yang Anda lakukan.

Semoga berbahagia!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa