Investasi

Kapan Waktu yang Tepat Mulai Berinvestasi?

Menjawab pertanyaan tersebut, bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi Anda sebagai investor pemula. Memang dalam hal investasi, waktu merupakan hal yang penting. Memulai di saat yang kurang tepat, terutama di tengah kondisi pasar yang naik-turun, akan memengaruhi seberapa banyak kerugian atau keuntungan yang diperoleh.

Namun, jangan terlalu diambil pusing. Sesungguhnya, kapan pun Anda mulai berinvestasi, yakinlah bahwa itu adalah saat yang tepat. Dalam jangka panjang, nilai investasi Anda akan bertambah, apa pun yang terjadi pada pasar saat pertama kali Anda mulai berinvestasi.

Berikut ini beberapa prinsip yang penting Anda pegang saat memulai investasi.

Jangan buang waktu

Fokus pada satu tujuan, cobalah memikirkan berapa lama Anda akan berinvestasi. Tiap jenis investasi menawarkan risiko dan keuntungan yang berbeda, yang lebih cocok untuk periode investasi tertentu.

Cari Informasi terlebih dahulu, jenis investasi yang menguntungkan menurut Anda. Misalnya, secara umum saham lebih cocok sebagai investasi jangka panjang. Namun saham juga memiliki risiko yang tinggi. Sebaliknya, deposito menawarkan risiko yang rendah namun tingkat keuntungan yang tidak tinggi.

Sisihkan dananya

10528472_l

Bagaimana jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi, namun dana tidak tersedia. Mulailah menabung. Sisihkan setidaknya 10 persen dari penghasilan setiap bulan untuk menabung. Saat jumlahnya cukup, simpan dalam bentuk investasi. Namun jika menabung merupakan tantangan, coba investasi bernilai kecil yang disisihkan secara rutin per bulan. Reksa dana misalnya, bisa Anda miliki dengan hanya menyisihkan 100 ribu rupiah per bulan.

Tinjau secara berkala

Jangan berharap uang yang Anda sisihkan akan menghasilkan dana berlipat jika Anda tidak melakukan peninjauan terhadap portfolio investasi secara berkala. Dengan cara ini Anda akan mendapat gambaran mengenai investasi mana yang menguntungkan atau sebaliknya. Bila tidak menguntungkan, apa faktor penyebabnya dan bagaimana Anda dapat meminimalisir kerugian yang terjadi. Apakah ini waktunya memindahkan dana Anda ke investasi lain?

Bagaimana, apakah niat Anda untuk berinvestasi sudah bulat? Ingatlah bahwa dalam hal investasi, saat yang tepat untuk memulai adalah sekarang.Nah, agar lebih mudah memilih investasi tersebut, Anda bisa simak pilihannya di sini.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa