Travel

Ke Korea? Wajib Cobain 5 Makanan Ini!

Traveling ke manapun di luar daerah kita adalah wajib hukumnya untuk makan makanan khas mereka. Apalagi kalau kamu liburan ke Korea. Wajib banget pastinya untuk makan makanan mereka yang super lezat! Berdasarkan pengalaman nonton TV seri Korea, kalau para aktris atau aktor itu sedang makan, perut ini rasanya bergejolak, pengen langsung ikutan makan!

Lalu, apa saja makanan khas Korea yang wajib kamu makan selama di sana? Simak rangkuman kami ya!

1. Korean BBQ

Makanan Korea sangat asik untuk dinikmati bersama. Apalagi makanan yang satu ini. Yang paling terkenal biasanya adalah bulgogi dan juga galbi. Bulgogi merupakan daging sirloin atau tenderloin sapi yang sudah direndam lalu diiris tipis. Sedangkan galbi adalah bagian rusuk pendek sapi yang sudah direndam dalam bumbu khas Korea pastinya. Dinikmati dengan nasi panas dan juga side dish seperti kimchi… Ya ampun enak banget!

Untuk mencoba BBQ Korean di Korea, kami menyarankan dua restoran yang terkenal menyediakan menu BBQ yang otentik. Yang pertama adalah Daedo Sikdang yang terletak di Seungdong-gu Hongik-dong 431. Kedua, resto Parkdaegamne. Terletak di Gangnam-gu Cheongdam-dong 124-3, semua daging yang ditawarkan di sini dibawakan fresh langsung dari Gwangju!

2. Budae-Jjigae (Army Stew)

Seperti Korean barbecue, makanan yang satu ini juga asiknya dinikmati bersama teman-teman. Makanan ini mendapatkan namanya karena diciptakan oleh pasukan militer korea setelah Perang Korea selesai. Menggunakan bahan-bahan sisa dari tentara AS, maka ngga heran kalau masakan ini terdiri dari ham, sosis, baked beans, dan kimchi. Yuk ajak teman-temanmu makan ini!

Kamu bisa mencobanya di resto Bada Sikdang yang berlokasi di 743-7, Hannam-dong, Yongsan-gu. Katanya, Presiden US Johnson pernah datang ke sini dan suka dengan Budae-Jjigae di sini, makanya menunya ganti nama menjadi Johnson Stew!

3. Samgye-tang (Ginseng Chicken Soup)

Jalan ke Korea sepertinya kurang lengkap kalau ngga nyobain ginseng. Dipadu dengan ayam, jadilah sup ayam ginseng! Sup ini nikmatnya dinikmati pada musim panas. Panas-panas, makan yang panas! Makan sup ini dipercaya oleh warga setempat akan meningkatkan daya tahan tubuh. Di Korea, ada beberapa restoran yang hanya menyajikan menu ini saja sebagai menu utama dengan bumbu rahasia. Jadi, kamu ada alasan untuk makan terus di Korea!

Tosokchon Samgyetang merupakan salah satu restoran tempat di mana kamu bisa mencoba makan samgyetang paling enak di Korea. Apalagi restoran ini merupakan salah satu tempat makan favorit mantan presiden Korea, Roh Moo-hyun. Lokasinya cukup strategis, No.5 Jahamun-ro 5-gil, Jongno-gu yang terletak di pusat kota Seoul.

4. Tteokbokki

Nah yang ini pasti tidak asing untuk pecinta TV seri Korea. Spicy rice cake ini merupakan makanan jajanan yang banyak terdapat di Korea. Banyak sekali variasinya, kamu wajib cobain satu-satu. Tetapi, ada beberapa yang lumayan terkenal seperti Meokshidonna. Restoran aslinya adalah di Jongno-gu Anguk-dong 17-18, Seoul. Namun saking suksesnya mereka sudah memiliki banyak cabang seperti di Shinchon dan Myeongdong. Atau buat kamu penggila pedas, kamu harus cobain Dongdaemun Sassy Tteokbokki. Pedasnya sadis! Kamu bisa cobain keganasan tteokbokki ini di Jung-gu, Hongin-dong 117-9. Satu porsi harganya memang lumayan mahal, 14.000 Won (165.000 Rupiah) tapi bisa untuk berdua sampai tiga orang.

5. Bingsu

Yang ini wajib kamu nikmati setelah panas-panas, atau sebagai dessert sehabis makan yang di atas. Untuk kamu yang diet halal juga bisa cukup lega ketika makan ini karena bahan utamanya adalah es serut. Awalnya namanya adalah Patbingsu, ketika hanya kacang merah dan es serut. Namun setelah banyak variasi, namanya berubah menjadi Bingsu saja atau Bingsoo. Biasanya dinikmati dengan buah segar seperti mangga, dll. Segar sekali deh pokoknya!

Kamu bisa mencoba lezatnya bingsu di Sulbing. Sebenarnya, café dessert ini ada di mana-mana, salah satunya di 39, Insa-dong, Jongno-gu. Jangan lupa cobain ya… enak dan pas banget buat dessert!

Makanan di atas merupakan makanan yang wajib kamu coba selama kamu liburan ke Korea. Jangan lupa lindungi dirimu selama liburan dengan asuransi perjalanan AXA SmartTraveller! Beli online di sini dan langsung dapatkan perlindungannya!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa