Kesehatan

Kenali Jenis Yoga Yang Sesuai Dengan Anda

Meski tergolong olahraga klasik, yoga sama sekali tak kuno untuk urusan melatih kekuatan dan kelenturan tubuh. Kombinasi berbagai pose dengan meditasi dan teknik pernapasannya punya segudang manfaat.

Seringkali Yoga dikenal dengan pose indah atau gerakan-gerakan yang membentuk otot, tetapi sebenarnya ada beragam jenis yoga yang cukup populer di Indonesia yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan waktu luang aktivitas Anda sehari-sehari seperti berikut ini:

Yoga Nidra:
Tidur nyenyak yang terpandu, dan teknik bernapas pranayama bisa menenangkan pikiran dan menghasilkan efek relaksasi. Karena, teknik ini merangsang vagus (tergolong syaraf parasimpatis) lewat gerakan ritmis dari diagfragma saat bernapas dalam.

Hatha Yoga:
Merupakan basic yoga. Hatha yoga melatih Anda melakukan pose dasar yoga dan teknik pernapasan. Yoga jenis ini bertujuan menyiapkan tubuh untuk meditasi.

Ashtanga Yoga:
Dianjurkan bagi mereka yang sudah mengenal pose dasar yoga. Rangkaian pose akan dilakukan lebih mengalir.
Berakar dari ashtanga yoga, berkembanglah power yoga (fokusnya melatih kekuatan otot, bertahan pada tiap pose dalam waktu lebih lama). Ada pula flowing yoga (fokus pada pernapasan dan pergantian pose secara halus dan cepat).

Yoga membantu aktivasi sistem parasimpatis (syaraf yang bekerja untuk membuat organ tubuh relaks). Hasilnya, detak jantung melambat, tekanan darah menurun, begitu pula level hormon stres. tweet

Iyengar Yoga:
Yoga yang fokus pada kesempurnaan melakukan pose. Bagi Anda yang tubuhnya kurang lentur, bisa menggunakan alat bantu seperti balok gabus, handuk, harness dan strap untuk melakukan pose yang tepat.
Andai belum mampu mencium lutut, gunakan handuk yang dikaitkan di ujung telapak kaki. Yang penting, cara bergerak dan pose sempurna.

axa-inspirasi-sikap-lilin-yoga

Bikram Yoga:
Ini adalah yoga yang dilakukan dalam ruangan bersuhu tinggi, kira-kira 420° Celcius dengan kelembapan 40%. Suhu panas akan membuat tubuh lebih lentur. Dalam kelas yang panas ini, Anda akan melakukan rangkaian 26 pose yoga, tiap pose dilakukan dua kali.

Yin Yoga:
Yoga yang bersifat meditatif, tiap pose ditahan dalam waktu rata-rata 5 menit. Anda diminta tidak memaksakan fleksibilitas. Kendurkan otot dan biarkan gravitasi membantu tubuh Anda. Tiap pose bertujuan meningkatkan aliran chi (energi baik). Tujuannya, meningkatkan kekebalan, kesehatan organ tubuh, dan kesehatan emosional.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa