Kesehatan

Ketahui 6 Cara Melawan Insomnia

Ketika tertidur, sel-sel dalam tubuh kita mengalami regenerasi agar kita tetap sehat. Tak heran jika kita kurang tidur, akan berdampak serius bagi pikiran, tubuh, serta kesehatan. Namun untuk memulai dan mempertahankan tidur adalah hal yang sulit bagi pengidap insomnia. Menurut riset internasional yang dilakukan US Census Bureau seperti yang dikutip alodokter.com diperkirakan ada 28 juta orang Indonesia mengalami insomnia.
21a

Bukan cuma gangguan tidur, insomnia ternyata juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahkan sebuah studi terbaru menyebutkan, pria yang menderita insomnia berisiko dua kali lipat terkena kanker prostat. Menyeramkan bukan? Nah, agar Anda terhindar dari insomnia simak enam cara berikut ini.Jika enam cara ini tidak berhasil juga melawan insomnia, maka sudah saatnya Anda menemui dokter.

1. Berolahraga
Masukkan olahraga dalam rutinitas sehari-hari Anda. Tidak perlu berat-berat. Bahkan berjalan kaki selama 30 menit sudah bermanfaat kok. Bergerak membuat metabolisme tubuh meningkat dan akan mengurangi stres dan ketegangan, sehingga pada malam hari Anda akan tertidur pulas.

2. Bangun dengan bantuan alarm
Tahukah Anda bahwa ada yang namanya siklus tidur, dan jika Anda terbangun pada titik tertentu dalam siklus itu, Anda akan merasa lebih segar? Selain menggunakan alarm konvensional, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi alarm di telepon seluler untuk membangunkan Anda. Bahkan beberapa aplikasi memiliki fitur canggih yang dapat menyarankan waktu tidur dan memonitor siklus tidur Anda, lantas membangunkan Anda di saat yang tepat.

3. Jaga konsumsi sebelum tidur
Hindari makan berat sebelum tidur, karena ini akan membuat perut Anda sebah. Jauhi pula alkohol dan kafein karena kedua hal ini akan mengganggu tidur. Sebuah studi tahun 2013 oleh Henry Ford Hospital’s Sleep Disorders & Research Center di Michigan, AS, menunjukkan asupan kafein bahkan 6 jam sebelum waktu tidur pun dapat berpengaruh pada kualitas dan durasi tidur.

4. Pilih bantal yang tepat
Menggunakan bantal yang tepat sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Jika Anda tidur tengkurap, maka gunakanlah bantal yang amat tipis agar leher Anda selaras dengan tulang punggung. Jika Anda lebih suka tidur miring, maka gunakan bantal yang lebih tebal dan keras untuk mengisi kekosongan antara telinga dan bahu – dan mencegah sakit leher.

5. Relakskan pikiran
Sulit tidur terkadang dapat membuat kita merasa stres dan khawatiir. Padahal hal ini malah akan membuat kita lebih sulit tertidur. Bila terbaring di tempat tidur tidak membuat Anda relaks, bangkitlah dan lakukan sesuatu yang membuat relaks, hingga Anda merasa mengantuk lagi. Teknik relaksasi seperti mengatur napas bisa membantu Anda untuk relaks.

6. Luangkan waktu untuk santai
Tubuh Anda perlu waktu untuk bisa santai atau relaks menjelang tidur. Mandilah dengan air hangat atau baca sesuatu. Jangan gunakan laptop atau telepon seluler di malam hari. Sebuah studi menunjukkan, cahaya dari layar laptop/ponsel berpengaruh terhadap rasa kantuk, dan menekan level melatonin.

 

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa