Lifestyle

Ketika Si Kecil Ikut-ikutan Berburu Monster Pokemon

59473230_l

Heboh game Pokemon Go bikin si kecil ingin ikut bermain? Niantic sebagai pengembang aplikasi permainan ini sebenarnya mensyarakatkan pemainnya berusia minimal 13 tahun. Sementara yang usianya di bawah itu tetap bisa bermain namun dengan menggunakan akun resmi yang dibuatkan orangtua dan telah terverifikasi.

Walaupun sudah fasih menggunakan gadget dan game Pokemon Go, sebaiknya sebagai orangtua kita harus tetap mengawasi mereka selama bermain. Lebih baik lagi kalau kita mengetahui aturan main game ini meskipun kita tidak ikut bermain. Dengan begitu mereka tetap bisa happy berburu monster dan kita pun tidak perlu khawatir si kecil mendapat masalah dari permainan ini. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui saat si kecil bermain Pokemon Go, seperti berikut ini:

Hati-hati pancingan Pokemon

Di setiap pokestop pemain bisa membeli item lure yang bisa digunakan untuk memancing hadirnya banyak Pokemon ke tempat itu. Apabila item ini digunakan, semua pemain yang ada di sekitar tempat tersebut bisa melihat efek dari penggunaan item ini pada titik Pokespot, termasuk orang berniat jahat yang bertopeng sebagai pemain.

Tercatat sekelompok pemain dipancing perampok bersenjata dengan lure yang diaktifkan di sebuah Pokestop terpencil di Missouri, AS. Belum lagi banyaknya tindakan penjambretan gara-gara si pemain hanya fokus pada gadget-nya. Untuk itu, peringatkan si kecil saat mereka melihat ada lokasi Pokespot yang diberi ‘pancingan’ seperti ini, karena selain memancing pokemon, hal ini juga bisa digunakan oleh pelaku kejahatan untuk memancing korbannya.

Pembelian berbagai macam item

Game ini memang tidak membebani pemainnya saat mengunduh dan memainkannya. Tetapi ada beberapa kelengkapan yang mesti dibeli oleh pemain untuk membantu mencapai target atau level tertentu. Nilai per itemnya bisa mencapai 100 dolar atau sekitar Rp 1,4 juta. Dengan besarnya potensi permainan ini menyedot banyak biaya, ada baiknya kita membatasi pengeluaran untuk membeli item dalam game ini. Hilangkan fasilitas in-app purchase pada iOS dan pastikan setiap penggunaan in-app purchase pada smartphone Android kita menggunakan password sebelum meneruskan proses selanjutnya.

Baca juga: 6 Ide ‘Dapetin Duit’ Lewat Pokemon Go

Kendalikan penggunaan pulsa

Karakteristik game ini mengharuskan pemainnya untuk bereksplorasi dan mengunjungi berbagai tempat, baik tempat keramaian maupun terpencil. Luasnya area permainan membatasi penggunaan koneksi wi-fi, jika ingin terus bermain maka harus menggunakan koneksi data selular. Bijaklah dalam penggunaan pulsa, pilihan paket data tanpa batas bila itu bisa menghemat biaya. Karena untuk satu jam permainan dibutuhkan sekitar 2 – 8 Megabytes dengan jaringan internet yang baik. Bila ingin membatasi ruang eksplorasi anak saat bermain Pokemon Go dan memudahkan pengawasan, penggunaan wi-fi di sekitar rumah bisa jadi pilihan.

60282667_l

Tetap waspada

Kebutuhan game ini untuk bereksplorasi dan tetap memfokuskan pandangan pada gadget seringkali membuat pemainnya tidak menyadari petunjuk atau papan peringatan yang bisa mengancam keselamatan mereka. Ada banyak laporan orang tersesat dan cedera saat memainkan game ini. Seorang pria tercebur ke air saat asyik berburu monster di sekitar dermaga di Boston, AS. Bahkan baru-baru ini di Cirebon seorang turis Perancis ditangkap polisi karena mengikuti petunjuk dalam game yang mengarahkannya masuk ke zona aman militer.

Karenanya penting pendampingan orang dewasa saat bermain Pokemon Go. Sebaiknya secara berkala ingatkan anak-anak untuk selalu berada di area yang sudah kita tentukan dan beri tahu tentang papan petunjuk. Lebih baik lagi, sambil mencari monster kita mengenalkan si kecil pada lingkungan sekitarnya, seperti gedung bersejarah, tempat ibadah atau jenis pohon-pohon yang tumbuh di sekeliling area.

Baca juga: Inilah ‘Kegilaan’ Para Pecandu Pokemon Go

Bawa perbekalan

Berburu monster-monster Pokemon layaknya berpetualang. Permainan ini bisa membawa pemainnya ke tempat-tempat asing dengan medan yang beragam. Karena tidak ada salahnya melengkapi diri dengan perbekalan secukupnya. Air minum, roti, atau buah-buahan untuk si kecil bisa masuk dalam tas ransel kita. Persenjatai juga diri kita dengan payung dan jas hujan untuk melindungi diri dan gadget dari hujan saat tidak menemukan tempat berteduh. Selain itu kenakan alas kaki yang nyaman sehingga kita dan si kecil semangat dalam memburu para monster Pokemon.

Sekarang, kita bisa ajak si kecil untuk bermain Pokemon Go tanpa khawatir. Gotta catch ‘em all!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa