Lifestyle

Kiat agar Kualitas Tidur Meningkat

Tidur adalah saat di mana seluruh sel yang rusak diperbaiki oleh tubuh. Tanpa tidur yang berkualitas, tubuh tak akan bisa beristirahat dengan sempurna. Alhasil, regenerasi sel dalam tubuh pun menjadi kurang maksimal.

Banyak penyebab kualitas tidur seseorang berkurang. Kebiasaan dan gaya hidup biasanya menjadi alasan utama. Tapi bukan berarti hal tersebut tak bisa diatasi. Berikut beberapa cara yang bisa diikuti agar kualitas tidur menjadi meningkat.

Hindari berbagai zat yang bisa merusak kualitas tidur
Kafein dan nikotin adalah dua diantara zat yang harus dihindari. Paling tidak jangan merokok atau minum kopi terlalu dekat dengan jam tidur Anda. Minimal berikan jeda waktu 3-4 jam.

Ubah suasana kamar tidur
Pastikan suasana kamar tidur Anda bisa mendukung kualitas tidur. Jangan menaruh laptop untuk kerja, berkas kantor juga TV di kamar tidur. Hal ini akan merusak mood untuk relaks. Jangan satukan ruang bekerja dengan ruang istirahat, karena akan merusak rutinitas istirahat Anda.

Kegiatan sebelum tidur
Pastikan kegiatan yang Anda lakukan sebelum tidur adalah yang membuat relaks. Jangan langsung tidur setelah bekerja, karena rasa stres dan fokus soal kerjaan akan terbawa saat tidur. Lakukan hal yang menyenangkan misalnya membaca buku, mengobrol dan bermesraan dengan pasangan dan sebagainya.

Jangan lihat jam
Melihat jam terus-menerus sambil mengkalkulasikan waktu yang tersisa untuk tidur hanya akan membuat stres meningkat. Alhasil, Anda malah makin sulit tidur nyenyak. Lebih baik palingkan wajah dari jam Anda, lalu lakukan sesuatu yang membuat relaks.

Atur jadwal tidur siang
Jika Anda memang terbiasa tidur siang, pastikan Anda tidur di waktu yang tepat. Jangan tidur terlalu sore karena akan membuat Anda terjaga di malam harinya. Jika memang jam tidur siang Anda sudah lewat, sebaiknya tak perlu tidur siang, agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas di malam harinya.

Atur porsi makan malam
Jangan makan malam dengan porsi terlalu banyak. Jika sistem pencernaan terlalu sibuk mengolah makanan di perut Anda saat jam tidur, Anda juga tak akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Pastikan Anda juga memberi jeda cukup jauh antara jam makan malam dan jam tidur.

Atur asupan cairan
Rasa haus saat tidur akan mengurangi rasa nyenyak. Pastikan Anda sudah memenuhi kebutuhan cairan sebelum tidur. Tapi ingat, berlebihan juga tidak baik. Bisa-bisa Anda malah terpaksa bangun tengah malam untuk pergi ke kamar mandi.

Atur jadwal olahraga
Olahraga akan membantu mengendurkan otot yang kaku sekaligus melepas stres. Tidurpun jadi lebih nyenyak. Tapi jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, agar tubuh tak terlalu letih saat tidur.

Pertahankan rutinitas
Mempertahankan jadwal tidur akan membuat jam biologis tubuh terbiasa beristirahat di waktu-waktu yang sudah ditentukan. Sehingga perasaan sulit tidur tak akan Anda rasakan. Oleh karena itu berusahalah untuk mempertahankan rutinitas yang sesuai.

Selamat mencoba!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa