Kesehatan

Kombinasi makanan yang membantu tubuh mendapatkan nutrisi tepat

Makanan bergizi lebih terasa manfaatnya saat dikombinasikan satu sama lain. Dengan mengkombinasikannya, maka tubuh lebih mudah menyerap kandungan-kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut. Berikut panduan kombinasi makanan yang bisa Anda lakukan agar hidup lebih sehat dan penyakit tak lagi datang.

Tingkatkan curcumin untuk mencegah kanker

Curcumin adalah senyawa menyehatkan yang terdapat di kunyit. Curcumin dapat membantu melawan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Curcumin ini memang tidak mudah diserap tubuh, tapi jangan khawatir, DHA, asam lemak omega 3 yang bisa ditemukan di dalam salmon, akan membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak curcumin. Selain salmon, ikan lain yang kaya DHA antara lain tuna, swordfish, makarel dan sarden. Santap ikan-ikan tersebut dengan kunyit, dan hasilnya adalah pertahanan tubuh yang meningkat dalam melawan kanker.

Kombinasi nutrisi untuk menambah zat besi

Kekurangan zat besi adalah salah satu jenis kekurangan nutrisi yang paling umum, dan itu bisa menyebabkan kelainan darah dan perasaan lelah. Anda dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh dengan mengkombinasikan daging merah dan vitamin C, demikian menurut sebuah riset. Vitamin C bisa didapatkan dari kembang kol, brokoli dan buah sitrus.

38611885_l

Isi ulang stok antioksidan tubuh demi melindungi jantung

Buah-buahan adalah kumpulan antioksidan sehat yang bisa mengurangi risiko Anda terkena kanker dan gangguan jantung. Menurut riset, ketika Anda menyantap beberapa jenis buah dalam waktu yang bersamaan, antioksidan dalam buat-buahan tersebut menyatu dan menghasilkan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan. Maka alih-alih mengisi mangkuk Anda dengan anggur, atau makan satu apel utuh, makanlah sedikit porsi dari masing-masing buah dan memakannya secara bersamaan. Rujak bisa jadi cara menyenangkan dan efektif untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Catechins bikin tubuh tetap seksi

Catechins adalah nutrisi yang ada dalam teh hijau. Manfaatnya bisa membentengi jantung Anda dari penyakit dan mengurangi lemak tubuh. Sayangnya, sistem pencernaan tubuh seringkali menghancurkan catechins sebelum mereka sempat menyehatkan tubuh. Untuk mengatasinya tambahkan sedikit vitamin C dari perasan lemon demi memperkuat catechins dan meningkatkan jumlah nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Formasi asam lemak untuk untuk aliran darah yang sehat

Anda mungkin bertanya-tanya, apa fungsi olive oil dalam salad selama ini? Menurut riset, saat Anda mencampur bayam, kale dan sayuran berdaun hijau lainnya dalam salad dengan minyak sayur, kandungan sehat dalam sayuran tersebut bergabung membentuk sejenis asam lemak yang dapat meningkatkan aliran darah.

Memilih dan mencampur makanan yang tepat bisa meningkatkan kesehatan dan kondisi tubuh Anda. Contoh-contoh ini hanya sebagian dari banyak kemungkinan perpaduan, jadi ingat-ingat saja bahwa banyak sekali perpaduan makanan lain yang tak cuma enak tapi juga membantu menyehatkan tubuh.

Selamat mencoba!

 

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa