Kesehatan Lifestyle

Manfaat Sayur dan Buah Menurut Bentuknya

Siapa yang tak kenal ungkapan “You are what you eat” yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan, “Kamu adalah apa yang kamu makan.” Semua yang tampak di diri kita adalah hasil dari apa yang kita konsumsi. Tapi di sisi lain, ungkapan tersebut juga bisa menggambarkan bahwa ternyata, kandungan makanan yang kita konsumsi, berguna bagi bagian tubuh kita yang bentuknya serupa. Bingung? Yuk simak penjelasan berikut.

Wortel = mata
Pernahkan Anda memperhatikan, bahwa setiap irisan wortel, sangat mirip dengan bola mata kita. Bagian tengah dan pinggir potongan wortel serupa dengan pupil dan iris mata. Manfaat wortel untuk mata tak perlu diragukan lagi. Kandungan betakaroten pada wortel dapat meningkatkan kemampuan retina mata untuk tetap fokus. Sehingga penglihatan seseorang menjadi lebih baik.

Kenari = otak
Coba perhatikan bentuk kenari utuh (yang belum dikupas). Bentuknya menyerupai otak manusia. Kerutan pada kulitnya sekilas menyerupai bagian-bagian otak. Kandungan dalam kenari seperti Omega-3 tinggi juga berperan besar dalam perkembangan fungsi otak manusia.

Seledri = tulang
Jika dilihat dengan sinar X-ray, tulang kita menyerupai batang seledri. Kandungan silikon dalam seledri juga sangat berguna untuk membuat struktur tulang semakin kuat. Kebetulan lainnya, kandungan tulang, 23 persennya adalah sodium. Hal tersebut sama persis dengan kandungan sodium di dalam seledri.

Avokad = rahim
Bentuk buah avokad sangat mirip dengan bentuk rahim. Kandungan avokad yang kaya dengan asam folat sangat penting bagi kesehatan rahim. Asam folat dapat mencegah risiko kanker mulut rahim atau kanker serviks.

Jeruk = payudara
Miripnya bentuk jeruk dengan bentuk payudara mungkin saja sebuah kebetulan. Namun kandungan limonoid di dalam jeruk sudah benar-benar teruji dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada payudara.

Tomat = jantung
Sekat-sekat pada irisan tomat dianggap banyak orang mirip dengan sekat yang ada di jantung. Para ahli juga membuktikan, kandungan likopen pada tomat bisa memperkecil risiko gangguan pada jantung.

Ayo, mulai masukkan bahan makanan tadi ke dalam menu Anda sehari-hari untuk hidup lebih sehat!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa