Investasi

Mari Cerdas Mengelola Keuangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang memiliki pendapatan yang berbeda. Sama halnya, setiap orang juga memiliki kemampuan berbeda dalam mengatur keuangannya secara baik. Namun, masih ada saja keteledoran yang seringkali dilakukan secara umum ketika bicara mengelola pendapatan secara efektif. Nah, mari kita simak beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran, agar Anda terhindar dari keluarnya pernyataan “Aduh! Kok habis lagi uangnya?”

Susunlah prioritas dalam berbelanja

Tentu saja belanja merupakan salah satu hal yang harus kita lakukan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Walau begitu, Anda perlu memperhatikan juga hal apa saja yang memang perlu dan penting untuk dibeli, dan apa saja yang bisa ditunda pembeliannya. Ini akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk hal yang benar-benar diperlukan saja. Jadi, bedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Siapkan anggaran bulanan dan tahunan secara detail

Biasakan diri memiliki catatan dalam rangka pengeluaran rutin setiap bulan dan tahun. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari kebingungan harus mengalokasikan uang ke mana saja ke depannya. Dengan berpatokan pada anggaran ini, Anda akan lebih mudah dalam merencanakan pengeluaran dan juga menabung pendapatan.

Jangan terlalu fokus pada pengeluaran jangka pendek

Agar terhindar dari dompet dan tabungan yang terkuras habis secara tiba-tiba, jangan hanya fokus pada pengeluaran jangka pendek. Sisihkanlah sebagian dari pendapatan Anda untuk hal-hal yang mungkin belum terencanakan, yang akan datang di masa depan.

Jangan mudah terpengaruh lingkungan ataupun tren

Terkadang Anda terpancing untuk membeli sesuatu karena sedang ramai dibicarakan ataupun sedang ngetren. Pengeluaran seperti inilah yang cenderung sia-sia dan tidak bermanfaat. Coba diam sejenak dan bertanya pada diri sendiri; apakah pengeluaran ini bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang? Atau jangan-jangan ini hanya agar terlihat mampu mengikuti tren.

Lebih terlibat dalam persoalan investasi

Tidak jarang dalam berkeluarga muncul rencana untuk melakukan investasi. Apabila iya, salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan adalah menyerahkan segala persoalan investasi pada satu pihak saja tanpa ikut terlibat. Efek dari sebuah investasi akan mempengaruhi keuangan Anda sekeluarga sehingga butuh kerjasama, saling keterbukaan dan saling pengertian, dalam memutuskan rencana investasi.

Kenali lebih jauh jenis investasi yang ingin dilakukan

Sebelum terjun ke dunia investasi (terutama bagi Anda yang belum pernah sama sekali melakukannya), ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai berbagai jenis asuransi yang ada dan karakteristiknya. Anda juga bisa berkonsultasi pada mereka yang sudah lama berpengalaman. Intinya, jangan terburu-buru melakukan pengeluaran untuk investasi tanpa terlebih dahulu mencari informasi yang akurat. Untuk mengetahui jenis-jenis investasi, silakan cek di sini.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semua pengeluaran tercatat dan Anda pun dapat mengetahui langkah investasi yang tepat untuk Anda. Selamat mencoba!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa