Lifestyle

Mau Mulai Olahraga? Intip Tips dan Manfaatnya di sini

Berolahraga atau berlatih bisa jadi mencekam, terutama jika pengalaman Anda hanya sedikit atau tidak ada sama sekali. Tetapi dengan tujuan dan rencana yang tepat, semua orang bisa kok menjadikan latihan sebagai bagian dari hidup sehari-hari. Berikut ini beberapa tips sederhana bagi kesuksesan program latihan Anda:

Berjalan, jangan berlari
Jogging secara teratur memang kebiasaan sehat, tetapi banyak orang mengira bahwa berlari adalah satu-satunya cara untuk membakar lemak. Padahal berjalan juga sama sehatnya, dan dalam banyak hal justru lebih baik bagi Anda ketimbang berlari. Terutama jika Anda kelebihan berat badan, karena berlari justru buruk bagi kaki dan lutut. Coba lakukan 1-2 sesi berjalan selama 30 menit setiap minggu untuk memulai kebiasaan berlatih yang baru.

Mulai olahraga secara bertahap
Banyak orang berlatih dengan semangat seperti hendak mengusir penjajah. Tetapi jika Anda bertahun-tahun (atau seumur hidup) tidak pernah berlatih reguler, lebih baik mulai pelan-pelan saja atau secara bertahap, misalnya dengan mengunjungi gym seminggu sekali atau pergi hiking. Dengan begini, Anda lebih punya kesempatan berlatih dalam jangka lebih panjang.

Fokus pada kesehatan, bukan penampilan
Adalah wajar untuk berpikir bahwa berlatih dapat meningkatkan penampilan, dengan mengurangi bobot tubuh. Tetapi walaupun Anda tidak tambah kurus, berlatih tetap bagus kok. Sebuah studi mengatakan, orang yang kegemukan punya besaran risiko yang sama dengan orang kurus, sepanjang mereka mengatur makan dan berlatih reguler. Ketika berlatih, fokuslah pada manfaat kesehatan dan nyamannya menggerakkan tubuh.

Angkat beban
Latihan aerobik seperti berjalan atau berenang memang bagus, tapi riset menunjukkan bahwa jenis latihan yang meningkatkan kekuatan seperti angkat beban atau push-up punya manfaat besar. Mulai dari komposisi tubuh sampai kesehatan jantung, latihan kekuatan layak dicoba.

Lakukan yang Anda suka
Jika Anda tak terbiasa dengan aktivitas fisik, membiasakan diri dengan program latihan baru cukup menyusahkan. Satu hal yang dapat membantu adalah, memilih jenis latihan yang Anda benar-benar nikmati. Misalnya mendaki gunung, bersepeda, yoga, atau memanjat tebing. Sedikit latihan itu lebih baik daripada tidak latihan sama sekali.

Selamat berolahraga!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa