Lifestyle

Mengatur makanan demi olahraga optimal

Olahraga sangat penting. Tapi makanan yang kita makan sebelum dan sesudah olahraga juga tak kalah pentingnya. Mengapa? Karena makanan yang kita santap mempengaruhi stamina, efektivitas latihan, dan pemulihan tubuh.

Jangan sampai olahraga teratur malah merampas nutrisi dan vitamin penting yang ada di tubuh, karena kita tidak tahu nutrisi yang dibutuhkan. Yuk cari tahu apa saja yang diperlukan tubuh sebelum dan sesudah olahraga!

Teguk sedikit kafein

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein 90 menit sebelum lari, berenang, atau aktivitas kardio lainnya bisa meningkatkan stamina dan energi. Bagi kebanyakan orang, secangkir kopi mampu memenuhi kebutuhan kafein tubuh. Tapi bagi yang hobi berolahraga malam, minum kopi tak terlalu disarankan. Karena kafein akan membuat tubuh tetap terjaga. Padahal, Anda akan membutuhkan tidur yang baik untuk memulihkan otot usai berolahraga.

Makan sebelum Latihan

Untuk menghindari kembung dan rasa tidak nyaman, cobalah untuk makan 3-4 jam sebelum berolahraga. Sebaiknya isi setengah piring Anda dengan buah-buahan dan setengah lagi dengan biji-bijian dan protein. Sebagai contoh, Anda bisa memilih beberapa potong alpukat, seporsi kecil salad, beras merah, dan tambahkan beberapa potong ikan.

Namun jika Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkannya, buah-buahan utuh seperti pisang, jeruk, dan apel akan memberikan energi selama 30 sampai 60 menit latihan.

Penuhi kebutuhan air

Berolahraga di cuaca panas dan kelembapan daerah tropis dapat membuat Anda berkeringat kurang lebih banyak. Paling tidak keringat yang keluar adalah setengah liter per jam setiap latihan ringan. Jangan sampai asupan air Anda kurang. Jika tidak, dehidrasi akan menjadi risikonya.

Front_image_drinking-water

Mengembalikan elektrolit tubuh

Keringat yang Anda keluarkan saat latihan fisik mengandung mineral seperti natrium dan kalium yang biasa disebut “elektrolit”. Jika mineral ini tidak segera tergantikan, dapat mengakibatkan kerusakan otot, lemah, dan kram. Pisang, kacang-kacangan, yoghurt, bayam, kentang, dan buah aprikot kering adalah sumber kalium yang sehat. Jangan lupa garam untuk mengisi cadangan sodium Anda.

Banyak Makan Sayur Hijau

Bayam, kale, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber magnesium yang mendukung pemulihan otot. Anda tidak perlu memaksakan diri makan berbagai sayuran hijau sebelum dan setelah olahraga, tapi cukup pastikan kebutuhan magnesium ini terpenuhi. Camilan seperti kacang-kacangan atau biji-bijian juga bisa membantu tubuh Anda bangkit kembali setelah berolahraga.

Sekarang Anda sudah tahu makanan apa yang penting untuk disantap setelah dan sebelum olahraga. Badan makin bugar, olahraga pun semakin maksimal.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa