Kesehatan

Ketahui Hal Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Menyimpan Makanan di Kulkas!

Keracunan makanan bisa dimulai dari hal paling kecil, termasuk cara menyimpan makanan. Banyak orang tidak memperhatikan cara menyimpan makanan yang benar di dalam lemari es hingga menyebabkan bahan makanan terkontaminasi bakteri dan zat lainnya. Tidak hanya berbahaya untuk kesehatan, makanan yang terkontaminasi juga akan berkurang rasanya. Untuk itu, yuk perhatikan tips menyimpan makanan di lemari es berikut ini:

1. Perhatikan temperatur lemari es

Bakteri membutuhkan suhu ideal untuk berkembang biak, biasanya di kisaran 5 derajat celcius, hingga 63 derajat celcius. Untuk menghindari ini, sebaiknya temperatur lemari es diatur pada temperatur 0 derajat celcius hingga 5 derajat celcius. Selain itu, pastikan suhu freezer diatur di bawah -18 derajat celcius untuk menghindari penyebaran bakteri.

2. Ikuti peraturan FIFO (First-In-First-Out)

Pernahkah kamu menemukan bahan makanan yang sudah basi dan harus dibuang saat membersihkan lemari es? Selain tidak sehat, melupakan bahan makanan di dalam lemari es dapat menyebabkan berkembangnya bakteri tidak sehat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menerapkan FIFO dalam mengatur makanan di dalam lemari es. Caranya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Atur seluruh bahan makanan di dalam lemari es, kumpulkan bahan makanan sejenis pada satu tempat.
  • Periksa tanggal kadaluwarsa, dan taruh bahan makanan yang paling cepat kadaluwarsa.
  • Pastikan untuk mengatur bahan makanan seminggu sekali.

3. Pisahkan bahan makanan mentah dengan makanan siap saji

Tidak banyak yang sadar menaruh sayuran mentah dengan jus dapat membuat bakteri berpindah dan meracuni makanan siap saji. Sebaiknya, pisahkan penyimpanan makanan siap saji dengan bahan makanan yang masih mentah. Tempatkan bahan mentah di dalam wadah yang tertutup. Hal ini dapat menghindari penyebaran bakteri yang tidak diinginkan.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa