Kesehatan

Olahraga di Sela Jam Kerja

Kesibukan di kantor jangan dijadikan alasan untuk meninggalkan olahraga. Mengolah tubuh akan membuat kesehatan Anda terjaga. Daya tahan tubuh pun makin kuat. Ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan di sela-sela kerja.

1. Peregangan
Jangan sampai peredaran darah tak lancar serta otot kaku karena Anda bekerja di posisi yang sama selama berjam-jam setiap harinya. Sesekali lakukan peregangan. Hal ini bisa dilakukan di meja kerja Anda. Misalnya melakukan perengangan otot leher dengan duduk tegak lalu memiringkan leher ke kiri dan ke kanan beberapa kali. Sesekali putarlah pergelangan tangan Anda untuk menghindari rasa pegal karena mengetik di komputer seharian. Untuk menghindari pundak pegal, sesekali angkan lengan Anda ke atas lalu tahan beberapa detik.

2. Jalan cepat
Sesekali pasti Anda harus beranjak dari kursi kerja untuk mengambil dokumen, air minum dan sebagainya. Lakukan hal ini dengan cara berjalan cepat. Berjalan dapat menggerakkan hampir seluruh otot. Anda juga bisa melakukan jalan cepat saat berjalan ke tempat makan siang.

3. Hindari lift, gunakan tangga
Jangan selalu menggunakan lift saat menuju ruangan kantor. Dengan menggunakan tangga, Anda bisa membakar kalori serta menggerakkan otot sekaligus. Badan bugar, berat badan pun terjaga. Pastikan alas kaki Anda nyaman dan aman digunakan saat naik-turun tangga, ya.

4. Hilangkan pegal di mesin fotokopi
Saat Anda harus menfotokopi dokumen, jadikan tangan Anda tumpuan di mesin foto kopi, lalu tekuklan lutut kiri dan kanan secara bergantian. Gerakan ini akan membuat aliran darah di kaki Anda lebih lancar, rasa pegal pun hilang. Gerakan ini juga dapat menghilangkan rasa kaku di otot kaki bagi Anda, perempuan yang gemar menggunakan sepatu hak tinggi.

5. Gunakan kursi kerja
Jika Anda memiliki kursi kerja yang dapat berputar, gunakan untuk melakukan peregangan pinggang. Letakkan kedua tangan Anda lurus di meja, lalu putarlah pinggang Anda ke kiri dan kanan. Gerakan ini akan menghilangkan rasa pegal di pinggang.

Beberapa gerakan di atas bisa langsung Anda praktikkan di kantor. Jangan sampai Anda malah tak bisa menikmati hasil kerja keras Anda karena menderita sakit akibat malas berolahraga.

Tapi jika Anda sudah menderita penyakit akibat gaya hidup yang dijalankan, tak ada kata terlambat. Mulailah bergaya hidup sehat dari sekarang. Untuk memberi proteksi lebih, Anda bisa membeli asuransi AXA Maestro Elite Care. Mengapa? Asuransi ini bisa memberikan perlindungan kesehatan, termasuk penyakit yang sudah diderita. Yang lebih menguntungkan, tak ada biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan jika dirawat di rumah sakit yang sudah disetujui. Sangat mudah dan praktis.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa