Lifestyle

Pensiun, Mengakhiri Rutinitas, Memulai Bisnis

Zaman sekarang, konsep “pensiun” bukan hanya bagi mereka yang sudah berumur. Kini juga banyak pekerja berusia produktif yang merasa bahwa bekerja dalam suatu rutinitas kantor sangat membosankan.

Apapun alasan dan usianya, pensiun merupakan suatu tahap dalam hidup yang bisa menjadi pedang bermata dua; bisa menjadi saat yang menyenangkan karena sudah tidak lagi terjerat dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari atau justru bisa menyebabkan masalah finansial karena sudah tidak ada lagi pemasukan tetap.

Salah satu jalan keluarnya adalah dengan menjalankan suatu usaha atau bisnis. Kegiatan ini banyak manfaatnya bagi Anda yang sudah pensiun; Anda bebas menentukan aktivitas dan tema bisnisnya, memiliki waktu lebih untuk mengelolanya, dan juga akan mendapat pemasukan tambahan.

Mulai tertarik? Nah, sebelum terjun ke dunia bisnis setelah pensiun, ada beberapa hal yang Anda perlu ketahui dan persiapkan.

Sisihkan sedikit pemasukan Anda untuk modal awal.

Semua bisnis memerlukan modal awal untuk mulai menggerakkannya; bisnis Anda juga demikian. Dengan tabungan yang sudah Anda siapkan sebelumnya, jangan lupa untuk memperhitungkan modal yang dibutuhkan bagi bisnis baru ini. Anda perlu memperhitungkan modal awal yang akan cukup besar namun harus realistis, mengingat Anda sudah tidak lagi menerima pemasukan rutin sebagaimana saat bekerja dulu.

Maksimalkan peluang yang Anda miliki.

Peluang tidak harus datang dari pihak lain; Anda pun bisa menciptakannya. Kenalilah diri Anda dan lingkungan sekitar secara lebih dalam dan identifikasi apa saja yang bisa membantu dalam menjalankan bisnis Anda. Bermodalkan komputer atau laptop saja bisa mendatangkan keuntungan apabila digunakan secara bijak. Punya bakat melukis? Menulis? Bercocok tanam? Gali lebih dalam potensi diri Anda agar dapat menciptakan bisnis yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga membuat Anda senang menjalankannya.

Saatnya melek teknologi.

Kita sudah memasuki suatu era di mana teknologi (khususnya yang berkaitan dengan internet dan media sosial) merajalela penggunaannya. Berbagai fitur dan aplikasi yang dapat diakses melalui komputer dan smartphone sudah tersedia. Selain merupakan pelayanan ekstra, penyediaan aplikasi juga untuk memudahkan promosi dan penyebarluasan informasi. Akrab dengan teknologi berarti akrab dengan seluruh dunia; jangkauannya tak terbatas!

Bagaimanapun rencana Anda untuk berbisnis saat pensiun, pastikan bahwa Anda akan dapat menikmatinya. Pada akhirnya, walau tetap ada keinginan untuk memperoleh keuntungan, kebahagiaan Anda tetap menjadi prioritas. Ingat khususnya untuk Anda yang meniti karier menuju kemapanan, Anda perlu memastikan bahwa usaha dan investasi yang Anda rintis, berada di tempat yang tepat.

Muda Mandiri dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan jangka panjang secara maksimal!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa