Lifestyle

Penting! Hindari Dehidrasi Saat Berolahraga

Jangan terbiasa minum saat bertanding di maraton. Itulah salah satu hal yang tertera pada buku petunjuk mengenai maraton yang diterbitkan tahun 1909.

Bahkan Arthur Newton, pemegang rekor dunia lari maraton saat itu pun mengatakan hal yang sama. “Lari 42 kilometer seharusnya bisa dilakukan tanpa minum lebih dari sekali, atau maksimal dua kali,” kata dia. Hal itu dipercaya secara meluas di kalangan para pelari maraton, dan “tidak minum” dianggap sebagai hal yang bergengsi hingga akhir era 60-an.

Hanya selang beberapa tahun kemudian, ide ini menjadi usang. Penelitian mengenai pentingnya cairan tubuh saat olahraga baru mulai dilakukan pada tahun 70-an. Saat itulah dunia medis menemukan bahwa penggantian cairan tubuh sangat penting saat berolahraga.

Dehidrasi adalah salah satu ancaman paling serius bagi kesehatan saat kita berolahraga. Menurut penelitian yang dimuat di Circulation Research, suhu tubuh mulai naik drastis di menit ke 30, setelah seseorang melakukan olahraga tanpa henti. Penggantian cairan, alias rehidrasi, dapat mengurangi risiko cedera akibat panas.

Minum cairan juga sangat penting untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Riset terbaru di Europe PMC menunjukkan bahwa minum cairan sesuai proporsi keringat yang keluar dari tubuh dapat menjaga fungsi fisiologis tubuh. Mencegah dehidrasi membuat sistem kardiovaskular lebih mampu dalam menjaga tekanan darah, dan mempertahankan kestabilan aliran darah, juga menjaga fungsi otot.

40834444_l

Dehidrasi dalam tingkat rendah, hingga kurang dari 2 persen berat tubuh, sudah cukup untuk mengganggu sistem kardiovaskular dan justru menurunkan efektivitas latihan. Kunci sukses olahraga, salah satunya adalah dengan disiplin menjaga agar tubuh tak mengalami dehidrasi dalam level paling rendah sekalipun.

Jadi, jadikan latihan tubuh Anda lebih optimal dengan tetap minum selama berolahraga!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa