Umum

Pentingnya Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Peran orang tua dalam perkembangan anak sangat krusial. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pencapaian pelajar meningkat jika orang tua mengambil peran aktif dalam pendidikan anak-anak mereka. Salah satunya ditunjukkan oleh hasil penelitian Harvard Family Research Project’s (HFRP) yang memperlihatkan bahwa keterlibatan orangtua memiliki kaitan erat dengan hasil prestasi anak. Penemuan ini secara konsisten telihat, pada indikasi-indikasi kesuksesan anak, apakah itu nilai, skor tes yang memiliki standar, atau metode pengukuran lain termasuk penilaian guru.

Itulah sebabnya sekolah yang baik adalah sekolah yang memberikan tempat bagi orang tua untuk ikut terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka. Bagaimana orang tua anak melibatkan diri adalah faktor kunci dalam meningkatkan prestasi anak dan juga menjaga kedewasaan mentalnya.

Menurut penelitian di Vanderbilt University, keterlibatan orang tua bukan hanya proses yang statis tapi berlangsung sepanjang waktu dan sangat dinamis. Selain orang tua, sekolah, anak-anak dan lingkungan sosial juga secara bersamaan memegang peranan penting dalam proses ini.

38793208_M

Riset yang dimuat di CSU Bakerfield menjelaskan bahwa pelajar kemungkinan besar akan lebih termotivasi untuk mendapatkan nilai sempurna di sekolah, berperilaku lebih baik dan punya keterampilan sosial jika orang tuanya secara aktif berperan serta mendukung anaknya di sekolah.

Hal yang dapat orang tua lakukan antara lain:

– Ikut dalam forum orang tua di sekolah

– Mendukung anak saat ada kunjungan ke lapangan atau ekstrakurikuler

– Memastikan anak punya tempat yang kondusif untuk belajar dan mengerjakan PR

– Membantu anak mengerjakan PR

– Berkomunikasi dengan guru secara proaktif

– Mengobrol dengan anak tentang kegiatan mereka sehari-hari di sekolah

Terakhir, agar lebih lengkap keterlibatan Anda sebagai orang tua, pastikan pendidikan si kecil telah dipersiapkan dengan baik. Misalnya, dengan merencanakan dana pendidikan mereka sedini mungkin. Dengan begitu, si kecil lebih terlindungi dalam meraih cita-citanya dan mendapatkan masa depan yang lebih baik.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa