Travel

Perjalanan Ditunda, Bisa Klaim Tidak Ya?

Siapa sih yang ngga pernah mengalami momen menyebalkan dimana pesawat kamu terlambat alias flight delay? Mayoritas dari kamu pasti sudah pernah merasakannya. Kalau pesawat terlambat dalam waktu setengah jam saja sudah menyebalkan, apalagi pesawat yang harus ditunda hingga enam jam lebih. Itu baru pesawat, bagaimana dengan jadwal kereta atau bahkan kapal laut?

Sebelumnya telah dibahas bagaimana kompensasi yang diterima oleh pelancong yang ingin terbang. Untuk apa saja yang menjadi ranah perlindungan asuransi AXA SmartTraveller, kamu bisa membacanya secara lengkap di sini. Lalu, bagaimana bila hal itu benar-benar terjadi? Apa saja yang harus kamu persiapkan?

Sebagai nasabah asuransi perjalanan AXA SmartTraveller, tentunya kamu bisa mengajukan klaim. Kamu bisa mengajukannya secara langsung ke kantor AXA dan juga bisa klaim online di sini.

Ketika perjalananmu ditunda lebih dari enam jam, kamu tidak tidak perlu panik. Karena AXA akan menanggung mulai dari tiket yang kamu terpaksa beli karena penundaan perjalanan, pembatalan, hingga, biaya akomodasi yang terpaksa harus kamu keluarkan.

Sebelum kamu mengajukan klaim, ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi. Dokumen standard yang harus kamu miliki:

  • Asli Boarding Pass, Tiket atau Itinerary
  • Passport/KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas)

Dokumen lain yang harus kamu lengkapi ketika kamu mengalami penundaan/keterlambatan perjalanan adalah:

  • Konfirmasi tertulis dari maskapai atau agen perihal alasan dan lamanya keterlambatan

Dalam perihal pembatalan perjalanan, dokumen yang harus kamu lengkapi lainnya adalah:

  • Asli invoice/bukti pembayaran untuk perubahan atau tambahan perjalanan – untuk pengurangan perjalanan
  • Konfirmasi pengembalian uang muka dari pihak hotel/travel agen/maskapai/pengangkut

Itu adalah beberapa dokumen yang setidaknya harus kamu lengkapi untuk mengajukan klaim asuransi perjalanan. Walaupun demikian, hal ini dapat bervariasi setiap nasabah.

Pengajuan klaim dapat dilakukan sesegara mungkin. Jangan lupa ya untuk selalu melindungi dirimu dengan asuransi perjalanan AXA SmartTraveller! Selain manfaat penundaan penerbangan (flight delay), AXA SmartTraveller juga memiliki manfaat lainnya seperti manfaat medical expense (biaya pengobatan), perlindungan barang dan dokumen, dan juga bagasi terlambat.

Pentingkah asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan bukan lagi sekedar pelengkap perjalanan kamu, melainkan sudah barang wajib. Bahkan, negara-negara di Eropa mewajibkan kamu untuk memiliki asuransi perjalanan selama kamu di luar negeri. Mengapa? Karena dengan asuransi perjalanan AXA SmartTraveller, pengeluaran kamu untuk hal-hal tak terduga akan dilindungi.

Memang untuk perjalanan ditunda, kamu mungkin akan mendapatkan beberapa kompensasi dari pihak maskapai. Tapi, sebenarnya mereka tidak diwajibkan untuk memberikan kompensasi tersebut, apalagi kalau keterlambatan terjadi karena masalah alam.

Dengan kata lain, liburan atau business trip kamu selama di luar negeri akan lebih nyaman dan aman apabila kamu melindungi dirimu dengan asuransi perjalanan AXA SmartTraveller. Beli di sini untuk langsung mendapatkan manfaatnya ketika liburan atau melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kalau bisa #onlineinaja kenapa harus ribet!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa