Asuransi General Umum

Persiapkan Diri untuk Mengantisipasi Bencana Gempa

INFOGRAPHIC-GEMPA-(-WILAYAH-RENTAN-GEMPA)

Tinggal di Indonesia yang letak geografis dan posisi geologis-nya terbilang unik mengharuskan kita untuk selalu siaga terhadap semua kemungkinan dan risiko bencana alam. Selain berada pada pertemuan tiga lempeng utama dunia, nama Indonesia juga terdapat dalam daftar negara yang termasuk dalam Cincin Api Pasifik (ring of fire).

Keadaan ini membuat Indonesia rentan terhadap bencana alam seperti letusan gunung berapi, tsunami, banjir, tanah longsor, terutama bencana gempa dahsyat seperti yang baru-baru ini terjadi di Lombok dan Palu.

Kemalangan dan celaka terkadang memang sulit untuk dihindari, namun tidak berarti risiko dan dampaknya tidak dapat ditanggulangi. Tak ada salahnya jika kita mempersiapkan diri dan keluarga dalam menghadapi risiko bencana alam. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana alam yang wajib disimak.

Judul-Infografis-2-Tiga-Langkah-Lindungi-Diri-Saat-Gempa-Terjadi 3 LANGKAH LINDUNGI DIRI

Siapkan Ransel Siaga Bencana

Selalu lengkapi diri dan keluarga dengan perlengkapan siaga bencana yang dikemas dalam satu ransel. Tempatkan ransel ini pada lokasi yang mudah dijangkau dan lengkapi dengan plastik yang mampu melindungi dari air. Rekomendasi isi ransel darurat:

  1. Persediaan makanan dan minuman tahan lama dalam jumlah yang mencukupi.
  2. Pakaian cadangan dan selimut
  3. Perlatan P3K dan obat-obatan khusus
  4. Radio kecil dan senter beserta baterai-nya
  5. Dokumen penting

Persiapkan Rumah  dalam Menghadapi Bencana

Buatlah denah rumah Anda termasuk letak perabot dan kerangka besar. Tandai tempat-tempat yang memiliki potensi bahaya dan tandai pula tempat-tempat aman untuk berlindung ketika bencana terjadi. Tempelkan denah tersebut di tempat yang mudah dilihat dan diakses oleh seluruh anggota keluarga. Jika memungkinkan ubah tata interior rumah untuk meminimalkan risiko bencana.

Persiapkan Daftar Nomor Darurat

Catat nomor-nomor telepon darurat dan nomor kerabat yang bisa dimintai pertolongan. Tempatkan di lokasi yang mudah dilihat oleh semua anggota keluarga dan pastikan anggota keluarga terinformasi dengan baik mengenai nomor-nomor ini.

Persiapkan Diri untuk Menjalani Hari Setelah Bencana Berlalu

Bencana alam tergolong dalam peristiwa traumatis yang berpotensi tinggi menyebabkan post traumatic stress disorder (PTSD). Tak sedikit orang yang tidak mampu kembali memulihkan diri dari efek bencana alam yang berkepanjangan. Hal ini bisa saja terjadi karena duka mendalam dari kehilangan anggota keluarga maupun aset bergharga.

Untuk mengurangi sedikit duka setelah bencana berlalu, pastikan anda dan keluarga memiliki tempat tinggal yang memadai. Dalam mengantisipasi dan mengelola efek pasca bencana, ada baiknya anda mempercayakan perlindungan rumah kepada perusahaan asuransi ternama seperti AXA General Insurance dengan produk Asuransi Rumah Tinggal.

Selain menawarkan perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan bangunan, Asuransi Rumah Tinggal AXA SmartHome menawarkan perlindungan untuk kerusakan atas perabot rumah tangga dan barang berharga Anda. AXA SmartHome juga memberikan penggantian untuk akomodasi tempat Anda tinggal sementara. Untuk mengetahui perlindungan selengkapnya yang AXA SmartHome tawarkan, klik di sini.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa