Lifestyle

Sebelum Presentasi, Nikmati Secangkir Kopi

Satu lagi alasan bagi Anda untuk memasukkan secangkir kopi ke dalam menu harian. Sebuah penelitian membuktikan, secangkir kopi dapat membuat presentasi Anda lebih sukses.

Penelitian itu dilakukan di Universitas John Hopkins, Baltimore, Inggris terhadap 100 orang. Mereka dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama diminta mengonsumsi pil kafein, dan yang kedua tidak. Lalu keduanya diminta melihat sebuah gambar, kemudian diminta mengingat kembali gambar tersebut di keesokan harinya. Hasilnya, ingatan mereka yang mengonsumsi pil kafein jauh lebih baik dari mereka yang tidak.

Penelitian lebih lanjut membuktikan, kafein pada kopi memberikan efek stimulasi pada otak. Kafein dapat mencegah kerja adenosin, yaitu senyawa pada otak yang membuat seseorang merasa mengantuk. Dengan mencegah senyawa adenosin bekerja, otak menjadi lebih aktif bekerja.

Jika dikaitkan dengan pekerjaan, meminum kopi sebelum Anda bekerja atau melakukan presentasi, akan membuat otak bekerja secara maksimal. Tentu saja kinerja Anda pun menjadi sangat memuaskan.

Tak hanya itu, secangkir kopi juga akan membuat Anda lebih bersemangat dan berenergi. Karena dengan mencegah senyawa adenosin bekerja, maka aliran darah menjadi lebih lancar. Metabolisme tubuh pun lebih sempurna, sehingga memberikan Anda energi untuk beraktivitas.

Efek lainnya, kopi juga bisa menenangkan seseorang dari kepanikan atau stres. Karena kafein dapat membuat sistem saraf seseorang menjadi lebih tenang. Sangat cocok bagi Anda yang sedang gugup karena harus presentasi di depan klien penting.

Walau memiliki banyak manfaat, bukan berarti Anda bisa bebas meminum kopi. Perhatikan juga jumlah asupannya, karena mengonsumsi kopi berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan.

Food and Drug Administration Amerika Serikat mengungkap, batas berbahaya konsumsi kafein pada orang dewasa adalah 10 gram, atau setara dengan 80 cangkir kopi. Terlalu banyak kafein justru akan membahayakan sistem saraf Anda.

Jadi, sudahkan Anda minum kopi hari ini?

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa