Travel

Siap-siap liburan ke Jepang yuk!

Jepang adalah salah satu tujuan wisata favorit wisatawan dari segala penjuru dunia. Banyak sekali yang unik dan menarik dari kampung halaman Nobita dan Doraemon ini, seperti keindahan bunga sakura, hingga makanan yang terkenal seperti sushi. Lantas, apa saja sih yang harus kamu persiapkan untuk mengunjungi Negeri Matahari Terbit ini?

1. Waktu

Jepang adalah negara yang memiliki empat musim. Kita sebaiknya menimbang musim seperti apakah Jepang yang akan kita kunjungi. Pemilihan tanggal akan sangat menentukan kenyamanan kita dalam traveling. Misal, beberapa situs traveling tidak menganjurkan turis untuk datang ketika Golden Week (akhir April-awal Mei) dikarenakan liburan panjang itu akan membuat harga menjadi semakin mahal, tempat wisata yang membludak, dan kesusahan untuk mengambil uang misalnya, karena kantor-kantor yang tutup. Selain itu, perhatikan juga musim. Apabila kamu tidak tahan dingin/panas coba hindari musim salju atau musim panas.

2. Visa

Sebenarnya, pemerintah Jepang memberikan bebas Visa untuk kamu pemegang e-paspor. Namun, untuk kamu yang memiliki paspor biasa, kamu diwajibkan untuk mengurus Visa terlebih dahulu sebelum liburan ke Jepang. Visa ini berlaku untuk 15 hari. Kamu bisa membaca ketentuan Visa jepang secara lengkap di website resmi kedutaan jepang di sini atau melalui website resmi JNTO (Japan National Tourist Organization) di sini.

3. Asuransi

Yang ini wajib sifatnya. Wisata ke luar negeri seperti Jepang membuat kamu harus memiliki bantalan seperti asuransi yang akan melindungi kamu selama kamu di perjalanan. Bukan hanya perlindungan ketika sakit di perjalanan, namun juga perlindungan untuk barang yang kamu bawa. Langsung beli online di sini.

4. Itinerary

Dalam ketentuan membuat Visa, sebenarnya juga diwajibkan untuk melampirkan jadwal kamu selama bepergian ke Jepang. Kamu bisa mengunduh form itinerary yang resmi di sini. Sebelumnya, kamu juga wajib mencari tahu objek wisata apa yang mau kamu kunjungi. Jangan lupa sambil melihat peta ya, supaya kamu tahu posisi daerah tersebut dan membuatnya lebih efisien dengan mengambil perjalanan yang searah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam planning maupun budgeting. Kamu bisa mencoba website ini untuk mengkalkulasi lama dan biaya perjalanan kamu atau bagaimana cara dari satu tempat ke tempat lain.

5. Tempat tinggal

Di Jepang, ada tiga pilihan utama untuk menginap, yaitu: guesthouse, hotel, dan Ryokan (rumah tradisional Jepang). Pilihan yang paling murah tentu saja guesthouse, dengan perkiraan harga 3000-8000 Yen. Kamu bisa juga mencoba book melalui website yang menawarkan housesharing.

6. Transportasi

Jepang memiliki opsi transportasi yang sangat beragam dan fantastis. Kamu pasti pernah mendengar Shinkansen, ‘kan? Saran, kamu bisa membeli JR Pass dari negara asal kamu, karena JR Pass tidak bisa dibeli di dalam Jepang. Kamu juga harus banyak riset mengenai rute kereta karena cukup kompleks dan banyak dan kadang bisa membingungkan bagi turis.

7. Bahasa dan roaming

Paket data internet tidak cuma berguna untuk mengunggah foto-foto liburan kamu, tapi bisa jadi penyelamat juga dikala kamu sedang bepergian dengan kendala bahasa. Kamu juga bisa belajar untuk mencoba menghafalkan dan melafalkan kata-kata yang tepat dan biasa untuk digunakan seperti sumimasen (permisi), arigatou (terima kasih), onegaishimasu (tolong), dan sebagainya.

8. Uang

Jangan lupa untuk membawa uang yang cukup. Kamu bisa saja menghabisakan hingga 1 juta rupiah per hari lho, jadi perkirakan dengan baik dan benar. Tukar uang kalau bisa di Indonesia saja. Kamu juga seharusnya bisa mengambil uang atau bertransaksi dengan kartu debit/kredit yang memiliki lambang Visa/Mastercard, misalnya.

Lalu, kamu tidak boleh malas untuk selalu melakukan riset, riset, dan riset mengenai perjalanan kamu supaya hasilnya selalu memuaskan. Liburan ke Jepang merupakan salah satu destinasi yang cukup mahal, namun apabila dipersiapkan dengan matang, tentunya kamu bisa meminimalisasi gangguan kenyamananmu. Yuk, praktik!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa