Asuransi

Siapa Bilang First Jobber Tak Perlu Asuransi?

Sebagai first jobber alias pekerja pemula, Anda mungkin belum merasakan perlunya asuransi. Bagaimana harus membayar premi, sementara gaji hanya cukup untuk hidup sehari-hari? Begitu barangkali pikir Anda.

Padahal, saat ini asuransi merupakan sebuah kebutuhan yang hampir mutlak. Asuransi memberikan perlindungan yang akan membuat Anda lebih bebas menjalani kehidupan, tanpa rasa khawatir. Namun sebagai pekerja pemula, tidak semua asuransi harus Anda miliki.

Bagi pekerja pemula, tentukan prioritas sebelum menentukan untuk membeli asuransi tertentu. Urutkan kebutuhan yang paling mendesak terlebih dahulu. Pertimbangkan pula penghasilan Anda. Anggarkan 10 persen dari penghasilan Anda untuk membeli asuransi. Setelah mendapatkan nilainya, Anda dapat menentukan asuransi apa yang perlu dimiliki.

Berikut ini asuransi yang penting dimiliki oleh pekerja pemula, sesuai urutan kepentingannya.

Asuransi Kesehatan

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Sayangnya, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Katakanlah Anda sudah menerapkan gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur. Bukan berarti, Anda terbebas dari faktor luar yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya virus dan bakteri yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Jika pun perusahaan tempat Anda bekerja menyediakan asuransi kesehatan, Anda tetap harus memperhatikan layanan kesehatan apa saja yang ditanggung oleh asuransi kantor. Lalu, apakah plafon yang disediakan mencukupi? Asuransi tambahan diperlukan jika si pekerja pemula memiliki gaya hidup dan kebutuhan kesehatan yang ternyata tidak ditanggung asuransi dari pemberi kerja tersebut.

Asuransi Jiwa

Jika Anda sudah berkeluarga atau memiliki anggota keluarga yang menggantungkan biaya hidupnya pada Anda, maka asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang perlu dimiliki. Pasalnya sebagai pekerja, Anda memiliki nilai ekonomis yang sebaiknya dilindungi oleh asuransi jiwa. Bayangkan jika Anda meninggal dunia, siapa yang akan menanggung biaya hidup keluarga Anda?

Asuransi Kecelakaan

Pilihan ini penting diambil, terutama bagi Anda yang memiliki faktor risiko. Misalnya jika Anda melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk pergi ke tempat kerja. Atau jika Anda memiliki hobi yang cukup berisiko seperti olahraga ekstrim atau traveling ke tempat yang menantang.

Asuransi Kebakaran

Kalau Anda membeli rumah melalui KPR, asuransi ini umumnya sudah disertakan ke dalam cicilan, karena merupakan salah satu syarat yang diwajibkan oleh bank pembeli KPR. Meski demikian, memiliki asuransi ini akan memastikan Anda selalu memiliki tempat berteduh untuk Anda dan keluarga. Premi asuransi ini relatif tidak terlalu mahal, terutama jika lokasi rumah tersebut tidak berada di lokasi yang rawan kebakaran.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Selama melakukan perjalanan, ke mana pun itu, risiko kecelakaan akan selalu ada. Baik kecelakaan ringan, berat, maupun kehilangan. Tentu saja akan lebih baik jika Anda dapat mengantisipasi kerugian finansial yang disebabkan oleh kecelakaan atau kehilangan dengan membeli asuransi. Asuransi ini akan memberikan penggantian atau perbaikan jika terjadi kerusakan pada kendaraan yang terjadi akibat kecelakaan. Begitu pula jika terjadi kehilangan kendaraan, asuransi akan mengganti sesuai nilai yang telah disepakati di polis.

Membeli asuransi merupakan salah satu cara Anda untuk melindungi diri dari risiko finansial. Namun, asuransi juga dapat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan, seperti halnya produk AXA Maestro Link Plus. Anda cukup membayar premi selama 5 tahun Anda akan mendapatkan proteksi dan perlindungan jiwa selama 10 tahun. Tak hanya itu, investasi Anda akan disesuaikan dengan profil risiko melalui 7 pilihan jenis dana investasi. Sebagai dana investasi, AXA Maestro Plan juga dapat ditarik sebagian, kapan saja jika Anda membutuhkan dana darurat. Tak perlu khawatir, dana akan dikelola oleh manajer investasi profesional sehingga memberikan hasil investasi yang optimal.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa