Kesehatan

Teh Hijau, Minuman Sederhana dengan Segudang Khasiat

Siapa yang tidak kenal dengan minuman satu ini? Kepopuleran teh hijau memang sudah mendunia. Rasa teh hijau pun kini sering ditemukan di berbagai jenis camilan. Bahkan, dewasa ini semakin banyak orang mengganti kebiasaan minum kopi dengan teh hijau yang lebih sehat dengan kandungan kafein rendah.

Belum sampai di situ, antioksidan alami yang dimiliki teh hijau juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Masih ragu pindah haluan dari teh biasa? Empat manfaat teh hijau berikut akan membuat Anda berpikir ulang.

Mengontrol berat badan

Obesitas merupakan salah satu masalah terbesar di dunia saat ini. Gaya hidup yang dikombinasi kebiasaan mengkonsumsi junk food dan minuman bersoda dapat menyebabkan segudang komplikasi yang berawal dari obesitas, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi. Untuk pencegahan, biasakan minum teh hijau setiap hari sebagai penambah menu diet karena teh hijau mengandung enam jenis katekin dan salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG ini dapat mengoptimalkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Menyegarkan napas

Sering mendengar produk obat kumur dengan aroma teh hijau? Bagaimana kalau langsung gunakan teh hijau alami saja? Cukup cuci mulut Anda dengan konsentrasi teh hijau tinggi, napas akan terasa lebih segar. Bagaimana dengan peradangan gusi? Lagi-lagi teh hijau solusinya. Buat pasta gigi sendiri dari campuran cairan daun teh hijau dan satu sendok teh baking soda. Tidak hanya mengurangi peradangan gusi, pertumbuhan plak yang membandel pun bisa dicegah.

Kulit yang sehat

Berbeda dengan teh lainnya, teh hijau memiliki kadar antioksidan alami yang lebih tinggi dan kaya akan manfaat, termasuk bagi kulit Anda. Diminum atau digunakan dengan cara dioles, teh hijau ampuh untuk membantu mencerahkan kulit. Ini salah satu cara mengaplikasikannya: campurkan 100 gram teh hijau dengan setengah liter air, lalu diamkan selama 30-40 menit. Saring cairan dan simpan di dalam lemari es. Cairan teh hijau siap Anda pakai. Larutan ini dapat Anda gunakan untuk menyegarkan wajah setelah melewati hari yang panjang, untuk mengobati luka bekas paparan matahari, dan membersihkan jerawat. Kulit mulus tidak melulu harus bayar mahal, kan?

Mengurangi stres dan depresi

Memasuki usia produktif, terkadang kesibukan akan menggangu kedamaian pikiran. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena teh hijau berperan penting dalam masalah yang satu ini. Senyawa Theanine, asam amino yang dimiliki teh hijau, dapat membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan. Tidak hanya itu saja, penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari memiliki risiko terkena depresi yang lebih rendah.

Ayo mulai rutin meminum teh hijau sekarang juga!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa