Kesehatan

Tips agar lebih santai dan sehat secara mental

Kunci utama untuk stabil secara finansial bukanlah seberapa besar income yang didapatkan, tapi seberapa lihai kita mengatur pengeluaran setiap bulannya. Ikuti tips di bawah ini jika Anda merasa bukan ahlinya mengatur keuangan:

1. Jangan terlalu banyak mencicil (Maksimum 20% dari total income untuk cicilan)
2. Bayar cicilan dan tagihan di awal bulan
3. Sisihkan untuk tabungan dan dana darurat
4. Kurangi gaya hidup berlebihan
5. Investasikan uang Anda

Penduduk kota besar di Indonesia tidak hanya berada di bawah tekanan secara fisik seperti harus buru-buru berangkat ke kantor setiap pagi dan lelah karena macet. Mereka juga harus dihadapkan oleh ganguan di sekitar yang membuatnya tidak sehat secara mental atau stres.

Menurut data Kementrian Kesehatan, penderita gangguan jiwa di Jakarta terus meningkat. Menurut Direktur RSJ Grogol, gangguan jiwa tersebut bisa disebabkan karena tekanan hidup serta kemampuan adaptasi lingkungan dan faktor kedua yakni, banyak warga Jakarta yang kurang peduli dengan masalah kesehatan jiwa.

Mari coba peduli pada kesehatan jiwa Anda sendiri dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini:

Hilangkan depresi dengan warna
Dalam wawancara kepada Huffington Post, Psikolog Gloria Martinez Ayala, mengatakan bahwa warna dapat merangsang saraf otak yang berhubungan dengan ketrampilan motorik, kreativitas, dan indera.

Kegiatan mewarnai mampu menenangkan bagian otak yang disebut amigdala, yaitu bagian yang bertugas mengontrol emosi dan stres. Mewarnai membantu mengalihkan pikiran dan hasilnya membuat kita merasa jauh lebih santai, rileks, dan nyaman. Lebih dari itu, para ahli mengatakan bahwa berkonsentrasi pada buku mewarnai dapat mengalihkan pikiran kita dengan kembali kepada kenangan masa kecil, masa-masa bahagia tanpa stres untuk kebanyakan orang. Anda juga bisa mencoba mewarnai dengan anak-anak Anda, pasti lebih menyenangkan.

Musik
Mendengarkan musik yang menenangkan dengan tempo santai dan lambat membantu menenangkan pikiran. Tahukah Anda, hal ini juga dapat memperlambat pernapasan, detak jantung, tekanan darah, dan mengendurkan otot yang tegang.

Para peneliti McGill University di Montreal, juga menunjukkan bahwa musik efektif untuk memicu pelepasan bahan kimia baik yaitu dopamin. Dopamin membantu mencairkan suasaha hati yang buruk menyebab stres.

Mendengarkan musik yang menenangkan dapat Anda lakukan saat berada di mobil dan terjebak macet, atau ketika Anda berbaring di tempat tidur untuk membebaskan bikiran Anda dari stres.

Menariknya lagi, terapi musik telah terbukti membantu mengurangi kecemasan sesuai prosedur medis. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa detak jantung dan tekanan darah seseorang menurun secara signifikan saat musik dimainkan selama prosedur colonoscopy.

Temukan Keheningan
Meditasi adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres, karena membantu otak untuk mengalihkan dan melawan pikiran negatif.

Dalam meditasi, tubuh Anda benar-benar melepaskan stres untuk melindungi dari efek jangka panjang yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Untuk mencapai keheningan, luangkan waktu setiap hari dengan duduk diam kemudian tenangkanlah pikiran Anda.

Banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menjaga kesehatan jiwa Anda, begitu juga dengan pilihan perlindungan kesehatan yang sekarang bisa Anda pilih sendiri sesuai keinginan. Kebebasan & kemudahan memilih paket perlindungan ini diusung oleh AXA DIRECT lewat produk AXA Klik Proteksi untuk memberikan pelayanan serta pengalaman berasuransi lewat kanal digital.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa