Lifestyle

Tips Aman Berolahraga Ekstrem dengan Anak

Melakukan olahraga ekstrem bersama keluarga kadang bisa menyenangkan dan menghindari kebosanan. Namun, seseru apapun aktivitasnya, jangan lupakan faktor keselamatan terutama untuk anak Anda. Sebelum memutuskan untuk mendaki gunung bersama, pastikan keluarga terlindungi dengan asuransi, dan perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Pastikan selalu membawa informasi vital

Saat memulai olahraga ekstrem, pastikan seluruh anggota keluarga sudah menggunakan gelang yang berisi dengan informasi kesehatan, seperti: nama lengkap, nomor darurat yang bisa dihubungi, dan informasi kesehatan seperti golongan darah. Gelang ini juga bisa berfungsi sebagai penanda riwayat kesehatan anggota keluarga. Misal, salah satu anak Anda pernah mengidap penyakit asma. Informasi ini berguna untuk keadaan darurat, agar tidak salah mengambil tindakan pertama.

Periksakan kesehatan terlebih dahulu

Masing-masing olahraga ekstrem memiliki risiko yang berbeda-beda. Namun, apapun olahraganya, satu hal yang wajib dilakukan sebelum memacu adrenalin, periksakan kondisi kesehatan ke dokter atau klinik terdekat. Tiap klinik mungkin memiliki prosedur pemeriksaan yang berbeda-beda, tapi setidaknya periksa kondisi fisik seluruh anggota keluarga sebelum berlibur. Hal ini untuk menghindari cedera yang parah jika terjadi kecelakaan.

50557023_l

Perhatikan gejala awal penyakit

Ada baiknya mempelajari beberapa gejala awal penyakit yang biasanya timbul saat sedang berolahraga. Contohnya, dehidrasi, atau gegar otak sesaat setelah kepala terbentur benda keras. Jika sudah mengetahui gejalanya, niscaya akan lebih mudah menanggulangi dan tidak salah melakukan pertolongan pertama.

Ingatlah nomor darurat

Seringkali kita, terutama anak-anak, melupakan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi saat keadaan darurat. Hal ini penting untuk diingat, terutama jika kita mengunjungi negara asing. Cetak seluruh daftar nomor darurat yang bisa dihubungi, dan jadikan permainan agar anak mampu menghapal dengan cepat.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa