Lifestyle

Tips Bertubuh Seksi dan Mengurangi Lingkar Pinggang

Manfaat berlatih fisik terbentang lebih jauh dari sekadar menjaga atau mengurangi berat badan. Mulai dari menambah konsentrasi hingga membuat tidur lebih nyenyak, latihan fisik sangatlah penting bagi berbagai aspek kesehatan jasmani dan rohani. Dan bagian terbaiknya adalah, Anda tidak harus berlari atau angkat beban untuk merasakan manfaatnya.

Tidur lebih nyenyak

Latihan fisik yang teratur – sekurang-kurangnya 150 menit seminggu – dapat meningkatkan kualitas tidur sebesar 65%, demikian menurut hasil riset. Menurut riset yang sama, orang yang berlatih secara reguler juga akan merasa lebih segar seharaian, tidak kesulitan berkonsentrasi meski sedang letih, dan tidak mengalami kram otot di malam hari.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Menurut studi, berolahraga seperti berlari, bersepeda, mendaki gunung, dan berenang dapat memperkuat bagian otak manusia yang menyimpan dan memproses memori, terutama pada orang yang telah berumur. Ada pula yang menyebutkan bahwa aktivitas fisik yang teratur dapat melindungi Anda dari demensia (pikun) dan beragam bentuk kemunduran yang disebabkan penuaan. Berlatih sejak awal dan pertengahan masa dewasa tidak hanya meningkatkan kemampuan Anda dalam berpikir dan membuat keputusan, tapi juga melindungi kesehatan mental di hari tua.

Memerangi depresi

Menurut penelitian, latihan fisik teratur lebih efektif mencegah depresi ringan dan sedang. Tak hanya mencegah, para pengidap depresi pun bisa memperoleh manfaat dari latihan fisik. Manfaat berolahraga juga bisa dirasakan oleh mereka yang tidak mengidap depresi, lho. Latihan fisik dapat membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari dan ampuh mengusir stres.

Mencegah kelelahan

Anda biasa mengusir lelah yang datang di pertengahan hari dengan menyesap secangkir kopi dan tidur siang? Tahukah Anda, ada cara yang lebih ampuh dari itu? Riset menunjukkan, latihan fisik ringan adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat Anda lebih segar dan berenergi sepanjang hari. Apalagi jika Anda mengalami kesulitan bernapas saat tidur atau sleep apnea dan masalah pernapasan lain.

Panjang umur dan bebas penyakit

Beragam studi telah menunjukkan betapa latihan fisik dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit dari jantung, diabetes, hingga kanker. Manfaat ini akan Anda peroleh, berapa pun berat badan Anda. Baik gemuk maupun kurus, jantung Anda menjadi lebih kuat dengan rajin berlatih fisik. Dengan jantung yang lebih sehat, usia harapan hidup Anda pun bertambah.

Singkatnya, tubuh yang sehat memerlukan latihan fisik seperti halnya makanan, air, dan istirahat. Berita baiknya? Hampir semua jenis kegiatan fisik – mulai dari berjalan hingga berkebun dan membersihkan rumah – dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan Anda.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa