Umum

Tips Memasak yang Seru dan Aman Bersama Buah Hati Tercinta

Memasak termasuk salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama buah hati kapan saja. Dengan modal beberapa bahan makanan dan dapur yang bersih, sang buah hati sudah bisa melatih kreativitasnya dalam memasak. Tapi jangan sampai melupakan faktor keamanan yang bisa membahayakan anak. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan agar sesi masak bersama makin menarik dan juga aman:

Buat memasak jadi menyenangkan

Siapa sangka, menyusun daftar resep memasak juga bisa jadi aktivitas menyenangkan untuk anak? Ajak ia berdiskusi menu apa yang mau dibuat, dan tanya apa saja bahannya. Dalam tahap ini Anda juga bisa mengurangi penggunaan peralatan masak yang berbahaya.

Sesuaikan dengan usia anak

Jangan biarkan anak-anak untuk melakukan aktivitas memasak yang berbahaya. Bagikan pekerjaan kepada seluruh anggota keluarga sesuai dengan umurnya. Berikut ini pembagian pekerjaan yang cocok sesuai usia:

Umur 2-5 tahun : Memecahkan telur, mencampur adonan dengan tangan, mengoleskan minyak di adonan kue.

Umur 6-8 tahun : Mengukur bahan, memarut keju atau kelapa.

Umur 9-12 tahun : Memotong sayuran, memasak sup, dan memasukkan makanan ke dalam oven.

Berikan edukasi memasak dengan aman

Selain serunya memasak, Anda juga harus menyarankan dan mengajarkan cara memasak yang aman pada anak-anak. Berikan pemahaman untuk berhati-hati dalam mengolah bahan mentah. Contohnya, jelaskan apa pentingnya mencuci tangan sebelum mulai memasak adalah hal terpenting untuk menghindari keracunan makanan. Selain itu, pastikan ia tidak menjilat jari saat sedang mencuci bahan mentah seperti daging.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa