Investasi

Tips Menyisihkan Penghasilan untuk Investasi

Cara memilah penghasilan agar dapat digunakan untuk berinvestasi.

Tentang penghasilan bulanan, memang lebih mudah membicarakannya dalam tataran rencana. Pada kenyataannya tidak semudah itu bagi seseorang untuk mengelola penghasilannya dan membaginya sesuai kebutuhan dan menyimpan sisanya sebagai tabungan atau investasi. Walaupun sudah berusaha, rasanya ada saja kebutuhan baru yang muncul dan menyebabkan kita mau tidak mau mengambil uang yang sudah diniatkan untuk disimpan tadi. Kalau seperti itu, bagaimana mau berinvestasi? Memenuhi kebutuhan dasar saja sulit.

Sebelum menuduh diri sendiri boros, coba lakukan pengecekan terlebih dulu. Buat daftar kebutuhan pokok seperti biaya makan, komunikasi, transportasi, dan pendidikan, yang biasa Anda keluarkan setiap bulan. Setelah itu lihat, pos mana yang bisa Anda hemat. Kalau setelah berhemat pun selisih penghasilan dan pengeluaran tak lebih dari 30%, berarti penghasilan Anda memang termasuk kategori bawah.

Jika demikian halnya, apa yang bisa dilakukan untuk bisa meluluskan rencana berinvestasi? Pilihannya antara lain dengan mencari penghasilan tambahan atau mencari pekerjaan baru yang menawarkan penghasilan lebih tinggi dari yang kita peroleh sekarang.

Soal penghasilan tambahan itu misalnya begini, Anda mempunyai kemampuan bermain gitar yang mumpuni, coba manfaatkan bakat tersebut dengan menawarkan les bermain gitar kepada anak-anak tetangga di lingkungan rumah. Setelah mendapatkan penghasilan tambahan, hitung lagi rasio pendapatan tetap Anda setiap bulan hingga mencapai selisih minimal 30%.

Jika sudah berhasil, pertahankan nilai tersebut selama enam bulan. Setelah itu, mulailah membagi dengan cermat. Tetapkan 20% dari penghasilan untuk Anda tabung, sedangkan 10% sisanya untuk persiapan berinvestasi. Kalau sudah mantap, hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah tentunya menentukan pilihan produk investasi yang tepat.

Cari produk investasi yang bagus dari badan yang terpercaya, semisal Produk Investasi Reksadana dari AXA . Profil risiko yang beragam serta keberadaan manajer finansial berpengalaman yang mendampingi akan memastikan pengalaman pertama Anda dalam berinvestasi aman dan menghasilkan.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa